Kompas.com - 31/08/2022, 08:45 WIB

KOMPAS.com - Instagram memiliki fitur "Close Friend" untuk membagikan unggahan Instagram Stories ke teman dekat yang dikenal saja. Kini, fitur serupa hadir di Twitter dengan nama "Twitter Circle".

Seperti di Instagram, Twitter Circle memungkinkan pengguna membagikan twit mereka ke sebagian orang atau teman yang masuk ke dalam daftar teman dekat saja.

Artinya, seorang pengguna Twitter, yang tidak ada di dalam daftar Twitter Circle pengguna Twitter lainnya, tak akan bisa melihat unggahan atau twit yang dikirimkan ke Twitter Circle tersebut, meski mereka saling mengikuti (follow).

Baca juga: Twitter Siapkan Fitur Mirip Close Friends di Instagram

Pantauan KompasTekno, Rabu (31/8/2022), fitur ini tampaknya sudah bisa dijajal sebagian besar pengguna Twitter secara global, termasuk Indonesia, setelah diuji coba sekitar Mei lalu.

Pengguna yang sudah mendapatkan fitur ini bakal disuguhkan dengan jendela pop-up yang menyatakan bahwa Twitter Circle sudah bisa mereka jajal, sebagaimana ilustrasi gambar berikut ini.

Cara menggunakan fitur Twitter Circle.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara menggunakan fitur Twitter Circle.

Di dalamnya, mereka bisa menekan tombol "Get started" untuk mulai memilah dan memilih akun Twitter mana saja yang bisa dimasukkan ke daftar Twitter Circle.

Setelah dipilih-pilih, pengguna bisa mengeklik tombol "Done" dan langsung mengunggah twit ke daftar teman dekat.

Baca juga: Fitur Close Friends Twitter Mulai Bisa Dicoba Pengguna Indonesia

Adapun penanda bahwa twit tersebut akan dikirimkan ke orang-orang terdekat adalah tombol "Twitter Circle" berwarna hijau yang terletak di sebelah kanan foto profil Twitter, sebagaimana bisa dilihat pada gambar paling kanan di atas.

Jika tombol itu diklik, pengguna bisa memilih opsi "Public", selain opsi "Twitter Circle", untuk mengirimkan twit yang bisa dilihat semua pengguna Twitter.

Di samping melalui jendela pop-up tadi, fitur Twitter Circle juga bisa ditemukan melalui menu utama Twitter dengan nama "Twitter Circle".

Cara menggunakan fitur Twitter Circle.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara menggunakan fitur Twitter Circle.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.