Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Aplikasi Alternatif WordPad dan MS Office, Gratis!

Kompas.com - 07/09/2023, 15:35 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber LaptopMag

KOMPAS.com - Setelah berkiprah selama 28 tahun semenjak Windows 95 WordPad bakal dipensiunkan. Aplikasi pengolah kata ini tak akan lagi disertakan di sistem operasi Windows berikutnya, kemungkinan mulai Windows 12.

Sebagai penggantinya, Microsoft menyarankan pengguna agar memakai aplikasi Microsoft Word untuk membuka dokumen tipe rich text seperti .doc dan .rtf, yang biasanya dibuka dengan WordPad.

Baca juga: Microsoft Pensiunkan WordPad Setelah 30 Tahun

Masalahnya, Microsoft Word adalah aplikasi berbayar yang merupakan bagian dari kumpulan aplikasi MS Office. Apakah ini berarti pengguna Windows harus merogoh kocek sekadar untuk membuka dan menyunting file teks?

Tenang, ada sejumlah aplikasi gratis yang bisa Anda pakai sebagai alternatif WordPad, bahkan juga sebagai pengganti Office karena sudah berupa paket lengkap dengan aneka aplikasi produktivitas.

Berikut ini tiga di antaranya yang populer dan banyak dipakai, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari LaptopMag.

Google Docs
Ilustrasi aplikasi Google DocsGoogle Ilustrasi aplikasi Google Docs

Aplikasi yang satu ini bersifat online alias diakses lewat browser. Google Docs otomatis tersedia untuk para pengguna layanan Gmail dan bisa dipakai secara cuma-cuma.

Berbagai hal yang bisa Anda lakukan di WordPad dan Microsoft Word juga bisa dikerjakan di Google Docs, termasuk menyunting dan menandatangani file PDF.

Satu lagi kelebihan Google Docs adalah tersedia dan bisa diakses dari berbagai perangkat. Tempat penyimpanan filenya pun sama, yakni di cloud storage Google Drive.

Jadi, Anda bisa dengan mudah menulis dokumen di komputer, lalu langsung melanjutkannya dengan ponsel di perjalanan tanpa harus menyalin file karena sudah otomatis tersinkronisasi dengan cloud.

Baca juga: Google Update Tampilan Drive dan Docs untuk Perangkat Lipat

Google Docs merupakan bagian dari paket aplikasi Google Docs Editor yang juga mencakup aplikasi Google Sheets untuk dokumen spreadsheet dan Google Slides untuk presentasi sehingga bisa digunakan sebagai pengganti MS Office.

Pengguna PC desktop dan laptop bisa mengakses Google Docs Editor di tautan berikut. Untuk menggunakan Docs di smartphone atau tablet, Anda bisa mengunduh aplikasinya di toko Google Play Store dan Apple App Store.

LibreOffice Writer

Tampilan aplikasi LibreOffice WriterLibreOffice Tampilan aplikasi LibreOffice Writer

Seperti MS Office, LibreOffice adalah paket software produktivitas yang berisi aneka program untuk berbagai keperluan. Salah satunya adalah LibreOffice Writer yang berfungsi mirip dengan Microsoft Word.

Tampilan antarmuka LibreOffice Writer pun mirip dengan WordPad dan Microsoft Word sehingga akan familiar untuk penggunanya. Aplikasi open source yang sering mendapat update dan peningkatan fitur ini pun relatif aman dari bug atau celah sekuriti

Baca juga: Selamat Datang Aptos, Font Default Microsoft Office yang Gantikan Calibri

Satu masalah yang mungkin mengganjal adalah, berbeda dari Google Docs, LibreOffice tidak memiliki aplikasi mobile sehingga menyulitkan akses file antar-perangkat.

Apabila berminat, Anda bisa mengunduh LibreOffice untuk Windows, MacOS, dan Linux secara gratis dari situsnya di tautan berikut.

Apache OpenOffice

Tampilan aplikasi Apache OpenOffice WriterApache OpenOffice Tampilan aplikasi Apache OpenOffice Writer

Satu lagi program gratis yang bisa digunakan sebagai pengganti WordPad dan Microsoft Office adalah Apache OpenOffice. Suite produktivitas ini bisa menyunting file teks dengan aplikasi Writer, spreadsheet dengan Calc, hingga presentasi dengan Impress.

Sama seperti LibreOffice, Apache OpenOffice bersifat open source. Hanya saja, LibreOffice lebih sering diperbarui sehingga relatif lebih cepat menerima perbaikan bug dan patch keamanan.

Baca juga: Upgrade Notepad di Windows 11, Cocok bagi Yang Suka Lupa Nge-save

Antarmuka aplikasi-aplikasi di OpenOffice mirip dengan aplikasi sejenis di LibreOffice maupun Microsoft Office sehingga memudahkan pengguna dalam beralih.

Apache OpenOffice tersedia untuk platform Windows, MacOS, dan Linux serta bisa diunduh dari situsnya di link ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com