Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsol Game Windows Lenovo Legion Go Dirilis, Harga Rp 13 Juta

Kompas.com - 01/09/2023, 15:35 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lenovo resmi mengumumkan kehadiran konsol game portabel (handheld) pertamanya, Legion Go. Konsol game Windows 11 ini akan dipasarkan pada November 2023 di Eropa.

Menurut Jun Ouyang selaku Vice President and General Manager Consumer Business Segment, Intelligent Devices Group Lenovo, konsol tersebut dirilis karena perusahaan ingin gamer bisa menikmati game dengan cara mereka sendiri.

"Kami mulai merancang Lenovo Legion Go lebih dari dua tahun yang lalu, untuk menawarkan solusi bagi pengguna yang ingin bermain game secara leluasa," kata Jun, dikutip KompasTekno dari halaman resmi Lenovo, Jumat (1/9/2023).

"Dengan Lenovo Legion Go, kami senang untuk memperluas ekosistem gaming Lenovo Legion dengan perangkat yang memungkinkan gamer, untuk bermain game saat bepergian," imbuh Jun.

Spesifikasi Lenovo Legion Go

Dari segi tampilan, Lenovo Legion Go memiliki wujud fisik yang mirip dengan Nintendo Switch, karena memiliki layar yang diapit oleh dua controller.

Wujud fisik Lenovo Legion GoLenovo Wujud fisik Lenovo Legion Go
Legion Go memiliki layar Quad HD Plus IPS berukuran 8,8 inci, dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel, dan refresh rate hingga 144 Hz. Panel menawarkan rasio layar 16:10, tingkat kecerahan maksimum 500 nits, dan gamut warna 97 persen DCI-P3.

Pengguna bisa menyesuaikan resolusi dan refresh rate layar ke angka yang lebih kecil, agar lebih hemat daya.

Sebagai perbandingan, konsol pesaingnya yakni Asus ROG Ally dan Steam Deck sama-sama mengandalkan panel 7 inci.

Konsol game Windows 11 ini mengandalkan gamepad yang disebut "Legion TrueStrike Controllers". Gamepad ini bisa dilepas seperti "Joy-Con" milik Nintendo Switch.

Gamepad ini memiliki tombol ABXY, dua tombol analog, tombol navigasi arah (d-pad), trackpad, tombol view, tombol menu, dan masih banyak lagi.

Lenovo Legion Go memiliki mode "FPS" yang meningkatkan pengalaman pengguna, saat bermain game shooter. Dengan mode ini, controller Legion Go menawarkan bidikan dan kontrol yang lebih akurat, sehingga terasa seperti menggunakan mouse.

Baca juga: Melihat Konsol Game Genggam Asus ROG Ally dari Berbagai Sisi

Mode FPS pada controller Lenovo Legion Go menghasilkan bidikan dan kontrol yang lebih akurat, seperti mouseLenovo Mode FPS pada controller Lenovo Legion Go menghasilkan bidikan dan kontrol yang lebih akurat, seperti mouse

Selain itu, gamepad Lenovo Legion Go juga dibekali fitur "hall effect joystick", yang memaksimalkan akurasi dan respons controller.

Fitur ini juga diklaim mencegah "joystick drift", yakni keadaan di mana tombol analog bergerak sendiri, meski tidak disentuh pengguna.

Soal performa, Lenovo Legion Go ditenagai AMD Ryzen Z1 Extreme sama seperti ROG Ally.

Konsol game Windows ini dibekali RAM 16 GB (LPDDR5X) dengan kecepatan hingga 7.500 MHz dan pilihan media penyimpanan (storage) SSD yang mencakup 256 GB/512 GB/1 TB (PCIe 4.0, NVMe M.2 2242).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com