Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Buruk untuk Pengguna Windows 10, Tidak Bisa Pakai WiFi 7

Kompas.com - 30/08/2023, 17:40 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber WCCF Tech

KOMPAS.com - Setelah WiFi 6 dan WiFi 6E, standar jaringan nirkabel berikutnya adalah WiFi 7 alias IEEE 802.11be yang diproyeksikan selesai difinalisasi pada paruh pertama 2024.

Namun, sepertinya tak semua pengguna komputer bakal bisa mengakses teknologi wireless network berjulukan "Extremely High Throughput" dengan kecepatan teoritis mencapai 46 Gbps (46.000 Mbps) itu.

Sebuah bocoran dokumen dari Intel mencantumkan sistem operasi mana saja yang kompatibel dengan WiFi 7. Terdapat nama Windows 11, Linux, dan ChromeOS, tapi Windows 10 absen dari daftar.

Baca juga: Bukan Wireless Fidelity, Ini Arti WiFi yang Sebenarnya

"WiFi 7 dari Qualcomm dan Mediatek juga tidak mendukung Windows 10. Apakah Microsoft membatasi WiFi 7 hanya untuk Windows 10?" kicau akun Twitter @g01d3nm4ng0 yang menyebarkan bocoran dokumen.

Hal ini sebenarnya tidak mengherankan mengingat Microsoft selaku pemilik OS Windows memang mendorong pengguna Windows 10 untuk beralih ke Windows 11. Upgrade OS bisa dilakukan secara cuma-cuma untuk para pemilik lisensi Windows 10.

Selain itu, Microsoft juga sudah mengumumkan bahwa dukungan resmi atas Windows 10 akan dihentikan pada akhir 2025. Setelahnya, sistem operasi yang sekarang sudah berumur 8 tahun tersebut hanya akan menerima update keamanan.

Intel sendiri memiliki WiFi 7 wireless card bernama BE200 (GaP2) dan BE202 (MeP2) seperti tertulis dalam bocoran dokumen. Keduanya disebut memiliki kecepatan TCP TPT masing-masing 5 Gbps dan 3 Gbps.

Jika bocoran ini benar, maka driver untuk kedua card WiFi 7 dari Intel tidak akan tersedia untuk sistem operasi Windows 10.

Baca juga: 5 Tips Aman Pakai WiFi Publik biar Terhindar dari Peretas

WiFi 7 bakal menjadi salah satu selling point dari platform PC baru dari Intel, yakni Core Ultra. Generasi pertama prosesornya yang berkode nama Meteor Lake bakal menyertakan dukungan WiFi 7.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WCCFtech, Rabu (30/8/2023), Meteor Lake diprediksi bakal melakukan debutnya di produk-produk laptop yang akan hadir menjelang akhir 2023.

Selain itu, para pabrikan motherboard PC desktop rekanan Intel juga sudah mulai memperkenalkan produk berbasis chipset Z790 yang mendukung WiFi 7.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com