Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memindahkan Data dari HP Android ke iPhone, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 21/08/2023, 18:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui cara memindahkan data dari handphone (HP) berbasis Android ke iPhone. Sebab, tindakan pindah data Android ke iPhone bakal dibutuhkan ketika pengguna ingin berganti perangkat.

Tindakan pindah data membuat pengguna dapat mengakses kembali atau memulihkan berbagai datanya, seperti kontak, media, data aplikasi, dan lainnya, dari HP Android ke iPhone. Dengan demikian, data di HP Android tak hilang ketika berganti ke iPhone.

Baca juga: Berapa Persen Kesehatan Baterai iPhone yang Baik? Begini Penjelasannya

Lantas, bagaimana cara memindahkan data dari Android ke iPhone? Cara memindahkan data dari Android ke iPhone itu cukup mudah. Akan tetapi, caranya berbeda dengan pindah data antar perangkat dalam satu platform, seperti dari iPhone ke iPhone atau Android ke Android.

Pindah data antar perangkat dalam satu platform bisa dilakukan menggunakan layanan Cloud. Misalnya, jika pindah data dari iPhone ke iPhone, pengguna bisa memakai layanan Cloud bawaan iCloud.

Kemudian, bila pindah data dari Android ke Android, pengguna dapat memakai layanan Cloud bawaan Google Drive. Sementara itu, pindah data Android ke iPhone tidak dapat dilakukan dengan memakai layanan Cloud.

Cara pindah data dari Android ke iPhone dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi tambahan bernama Move to iOS. Perlu diketahui, Move to iOS merupakan aplikasi buatan Apple untuk mengakomodasi pengguna yang ingin beralih dari HP Android ke iPhone.

Dulu, Move to iOS hanya bisa memindahkan data tertentu, seperti kontak, kalender, atau pesan SMS. Kini, aplikasi Move to iOS bisa dipakai untuk data aplikasi WhatsApp dari HP Android ke iPhone.

Dengan aplikasi ini, pengguna tak perlu bingung lagi ketika hendak berganti dari HP Android ke iPhone dan mengamankan beberapa datanya. Jika ingin berganti perangkat, berikut adalah cara memindahkan data dari Android ke iPhone via aplikasi Move to iOS.

Baca juga: 5 Aplikasi Alternatif iCloud buat Backup Data di iPhone atau iPad, Ada GDrive dan Dropbox

Ketentuan pindah data Android ke iPhone

Sebelum pindah data Android ke iPhone, terdapat beberapa ketentuan yang perlu dipenuhi terlebih dahulu. Adapun ketentuan pindah data Android ke iPhone adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Move to iOS di HP Android. Aplikasi Move to iOS dapat beroperasi di HP Android dengan sistem operasi minimal Android 6.0.
  • Pastikan HP Android dan iPhone telah menggunakan sistem operasi yang terbaru.
  • Pastikan HP Android dan iPhone telah terhubung dengan jaringan WiFi yang sama.
  • Pastikan HP Android dan iPhone memiliki cukup daya. Bila perlu, sambungkan keduanya dengan sumber daya.
  • HP Android dan iPhone harus diletakkan berdekatan.
  • iPhone yang jadi target transfer data dari Android harus berada dalam kondisi pengaturan awal perangkat atau baru di-factory reset.

Itulah beberapa ketentuan pindah data Android ke iPhone. Bila telah memahami ketentuan di atas, berikut adalah cara memindahkan data dari Android ke iPhone via Move to iOS, sebagaimana dilansir laman resmi Apple.

Cara memindahkan data dari Android ke iPhone

  • Dekatkan HP Android dan iPhone yang berada dalam kondisi layar “Hello” atau baru di-factory reset.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul menu “Quick Start” di iPhone.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Move Data from Android” pada menu pemulihan data di iPhone. Kemudian, iPhone bakal menampilkan kode untuk menautkan perangkat.
  • Buka aplikasi Move to iOS di HP Android.
  • Masukkan kode untuk menautkan perangkat dari iPhone di aplikasi Move to iOS pada HP Android, lalu klik opsi “Lanjutkan”.
  • Proses menghubungkan HP Android dan iPhone bakal berjalan.
  • Setelah kedua perangkat terhubung, pada menu “Transfer Data” yang muncul di aplikasi Move to iOS, pilih data apa saja di HP Android yang hendak ditransfer ke iPhone.
  • Setelah itu, klik opsi “Lanjutkan” di aplikasi Move to iOS untuk mulai transfer data Android ke iPhone.
  • Tunggu hingga proses transfer data selesai.
  • Jika data sudah ditransfer semua, selesaikan pengaturan awal iPhone hingga masuk ke layar “Home” dan data dari Android kini berhasil berpindah.

Ilustrasi cara memindahkan data dari Android ke iPhone via Move to iOS.Google Play Store Ilustrasi cara memindahkan data dari Android ke iPhone via Move to iOS.

Baca juga: 2 Cara Backup iPhone dengan Mudah via iTunes dan iCloud

Cukup mudah bukan cara memindahkan data dari Android ke iPhone? Dengan cara ini, pengguna tak perlu khawatir kehilangan data saat berpindah dari Android ke iPhone. Demikianlah cara memindahkan data dari Android ke iPhone, semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com