Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengaktifkan Truecaller di HP Android dan iPhone untuk Cegah Telepon Penipuan

Kompas.com - 10/09/2023, 10:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Kejahatan siber punya banyak jalur untuk menembus korbannya. Salah satunya melalui telepon dengan mengatasnamakan pihak-pihak penting. Sebagian pengguna tak jarang menjadi korban pengelabuhan oknum tak bertanggung jawab.

Korban biasanya akan terkena tipu daya, selanjutnya tanpa sadar akan memberikan data privasi atau penting, layaknya kode OTP, nomor rekening, CVC kartu kredit, dan sebagainya.

Maka dari itu untuk mencegah terjadinya telepon asing yang terindikasi penipuan, pengguna bisa menggunakan aplikasi identifikasi nomor kontak. Salah satunya dengan mengaktifkan aplikasi Truecaller.

Truecaller merupakan aplikasi yang menyediakan layanan untuk memudahkan pengguna dalam mengidentifikasi panggilan masuk dari nomor tak dikenal. Truecaller bisa diunduh di ponsel Android maupun iOS.

Lantas bagaimana cara mengaktifkan Trucaller? Selengkapnya berikut ini tutorialnya.

Baca juga: TrueCaller: 2021, Jumlah Telepon Spam di Indonesia Naik Dua Kali Lipat

Cara mengaktifkan Trucaller untuk menghindari telepon penipuan

Ilustrasi TruecallerKompas.com/soffyaranti Ilustrasi Truecaller

  • Unduh aplikasi Truecaller di Google Play Store (Android) maupun App Store (iOS)
  • Pilih "Get Started"
  • Izinkan akses kontak pada ponsel Anda
  • Isi data seperti nama lengkap dan e-mail
  • Setelah itu Truecaller aktif dan terpasang di ponsel Anda dan mampu mengidentifikasi siapa saja yang menghubungi Anda

Fitur- fitur Truecaller

Berikut ini fitur-fitur dalam aplikasi Truecaller yang bisa membantu Anda dalam mengidentifikasi kontak tak dikenal.

ID Penelepon

Truecaller dapat mengidentifikasi nomor tidak dikenal, spam, atau perusahaan. ID penelepon Truecaller dapat mengidentifikasi semua nomor domestik maupun internasional. Selain itu saat penelepon nomor asing tak dikenal, akan muncul ikon-ikon tertentu yang mengindikasikan apakah kontak tersebut aman atau berbahaya.

Pencarian nomor tak dikenal

Truecaller juga menyediakan fitur pencarian ponsel tak dikenal. Anda bisa mengecek nomor ponsel yang tak dikenal baik nomor domestik maupun internasional.

Pemblokir spam

Truecaller juga menyediakan fitur blokir spam otomatis. Fitur ini dapat mengidentifikasi bot, telemarketer, scam, penipuan, hingg penganggu.

Filter SMS

Bagi Anda pengguna iOS, Truecaller memiliki filter SMS yang berguna membantu Anda mengelompokkan semua SMS yang diterima dalam beberapa kategori. Misalnya SMS tentang reminder tagihan, pengeluaran kartu bank, promosi, diskon, dan lainnya.

Misalnya, pesan tentang pengingat tagihan atau pengeluaran kartu bank akan muncul di folder Transaksi. Pesan tentang penawaran, kupon, atau diskon akan masuk dalam folder promosi.

Baca juga: Mengenal Aplikasi GetContact untuk Deteksi Nomor, Bagaimana Cara Mendaftarnya?

Adapun cara kerja Truecaller sendiri menggunakan sistem crowdsourcing (urun daya) Penjelasan lengkapnya bisa menyimak artikel "Aplikasi Pengecek Nomor Truecaller dan Getcontact Banyak Digunakan, Amankah?". Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com