Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kingston XS1000 Resmi, SSD Eksternal Berukuran Mungil

Kompas.com - 07/09/2023, 10:45 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber PC World

KOMPAS.com - Pilihan media penyimpanan solid state drive (SSD) eksternal berkecepatan tinggi semakin bertambah banyak dengan kehadiran XS1000 yang baru-baru ini resmi diluncurkan oleh Kingston.

XS1000 dirancang sebagai SSD eksternal berukuran mungil. Dengan dimensi fisik hanya 69,54 x 32,58 x 13,5 mm dan bobot 28,7 gram, ukurannya jauh lebih kecil dibanding produk sejenis pada umumnya.

SSD Business Manager Kingston, Keith Schimmenti, mengatakan bahwa SX1000 yang cangkangnya berbahan plastik dan logam memang sengaja dirancang agar ringkas dengan ukuran hanya setengah dari SSD standar.

Baca juga: SSD Eksternal SanDisk Banyak Dikeluhkan Rusak, Western Digital Digugat

"Ini memberikan portabilitas tinggi sehingga membuatnya jadi pilihan ideal untuk mereka yang mencari kombinasi kenyamanan dan kinerja mumpuni," ujar Schimmenti dalam pernyataan tertulis.

SSD Eksternal Kingston XS1000 dirancang berukuran ringkas agar mudah dibawa-bawaKingston SSD Eksternal Kingston XS1000 dirancang berukuran ringkas agar mudah dibawa-bawa

Meskipun berbentuk mini, layaknya SSD eksternal, Kingston XS1000 terbilang ngebut untuk urusan kecepatan transfer data yang mencapai kisaran 1.050 MB per detik untuk read dan 1.000 MB per detik untuk write, melalui interface USB 3.2 Gen2.

Produk yang dibekali chip memori 3D TLC NAND dengan controller Silicon Motion SM2320 ini sebenarnya memiliki speed antarmuka 10 Gbps via kabel USB tipe C ke C atau USB tipe A ke C yang disertakan dalam kemasan.

Baca juga: Gigabyte Rilis SSD Aorus PCIe Gen5 Versi Lebih Kencang

Namun, sebuah pengujian yang dilakukan PC World menunjukkan bahwa kecepatan Kingston XS1000 malah bisa mengalahkan saudaranya yang memiliki speed antarmuka lebih tinggi (20 Gbps), yakni XS2000.

Kingston XS1000 tersedia dalam pilihan kapasitas 1 TB dan 2 TB. Berdasarkan pantauan KompasTekno di marketplace online, Kamis (7/9/2023), SSD eksternal ini juga sudah dijual di Indonesia dengan harga Rp 1,2 juta untuk 1 TB dan Rp 1,85 juta untuk 2 TB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PC World
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com