Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Nomor HP Tidak Bisa Dicari di GetContact? Begini Penjelasannya

Kompas.com - 04/07/2023, 13:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - GetContact merupakan aplikasi untuk mengidentifikasi nomor telepon orang lain. Saat pengguna mendaftarkan akun ke GetContact, umumnya nomor teleponnya dapat diidentifikasi oleh pengguna lain yang memiliki akun GetContact juga.

Pengguna akan mengetahui nomor kontak asing melalui fitur "Tag" di GetContact. Fitur "Tag" ini biasanya akan menyematkan nama kontak pemilik nomor HP. Namun tak jarang sebagian pengguna tidak dapat menemukan nomor tersebut di GetContact. 

Nama kontak pengguna juga tidak bisa diidentifikasi di GetContact. Lantas mengapa hal ini terjadi? Hal tersebut dikarenakan pengguna telah menonaktifkan fitur Visibility di GetContact. Apa itu? Berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Cara Menghapus Penanda dan Tag di GetContact dengan Mudah

Fitur Visibility di GetContact

GetContact menyediakan fitur Visibility di GetContact yang berguna untuk pengguna yang ingin meningkatkan privasinya. Saat menonaktifkan fitur ini, maka "Tag" atau nama kontak Anda tidak dapat dilihat dan dicari oleh pengguna GetContact lain.

Nama kontak tidak muncul dan tidak terdeteksi sehingga GetContact juga tidak menampilkan notifikasi siapa saja yang mencoba melihat Tag GetContact Anda. Bagi sebagian pengguna, saat fitur ini aktif sangat bermanfaat untuk meningkatkan privasi.

Pengguna lain juga tidak mengetahui identitas kita seperti nama lengkap, tempat bekerja, komunitas yang diikuti, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kita. Maka dari itu, ketika Anda tidak dapat mencari kontak tertentu di GetContact, bisa jadi pengguna tersebut telah menonaktifkan fitur Visibility.

Cara menonaktifkan fitur Visibility agar tidak bisa dicari

getcontactKompas.com/soffyaranti getcontact

  • Masuk ke situs GetContact melalui tautan berikut ini
  • Pilih metode login menggunakan WhatsApp atau SMS
  • Apabila login menggunakan WhatsApp, pengguna akan melakukkan scan QR code yang ditampilkan pada situs QR code
  • Selanjutnya, kirimkan teks yang tertera pada akun WhatsApp GetContact
  • Setelah proses login selesai, pengguna akan menuju laman Home yang menunjukkan statistik pengguna yang mencari nomor Anda serta fitur "Tag" yang berfungsi untuk mengetahui nomor ponsel Anda disimpan dengan nama apa di ponsel pengguna lain
  • Gulir ke bawah kemudian temukan menu "Visibility Settings"
  • Geser toggle di sisi kiri opsi "Search visibility: On" hingga berganti warna menjadi abu-abu (off). Setelah itu, muncul jendela notifikasi yang muncul, lalu tekan tombol "Yes"
  • Setelah itu, Anda dapat melakukan tes dengan mencoba mencari nomor Anda di aplikasi GetContact dengan nomor lain

Notifikasi GetContact Kompas.com/soffyaranti Notifikasi GetContact

Baca juga: Cara Menyembunyikan Tag GetContact agar Lebih Privasi

Setelah fitur "Visibility" dinonaktifkan, pengguna yang akan mencari nomor kontak Anda di GetContact akan muncul notifikasi seperti di atas. Apabila notifikasi muncul, maka kontak Anda berhasil tidak bisa dicari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com