Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru WhatsApp Channel Meluncur Global, Termasuk di Indonesia

Kompas.com - 13/09/2023, 20:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - WhatsApp resmi menghadirkan fitur Saluran WhatsApp (WhatsApp Channel) secara global ke 150 negara, termasuk di Indonesia pada Rabu (13/9/2023). Fitur ini sebelumnya tersedia secara terbatas untuk wilayah Singapura dan Kolombia.

Fitur ini mirip dengan Channel yang ada di Telegram. Jadi, pengguna bisa mengikuti (follow) atau bergabung dengan Channel milik orang atau organisasi yang sudah terverifikasi di WhatsApp.

Lewat Channel, individu atau organisasi bisa menyampaikan informasi ke audiens lebih mudah.

Public Policy Manager WhatsApp Indonesia, Esther Samboh mengatakan pengguna dapat bebas memanfaatkan fitur ini sesuai kebutuhan.

“Saluran WhatsApp, WhatsApp Channel, fitur berbasis persetujuan yang sifatnya opsional. Pengguna dapat menggunakannya atau tidak, follow atau tidak, sehingga dapat memberi pengalaman kepada organisasi ataupun individu dalam percakapan satu arah,” jelas Esther dalam acara peluncuran WhatsApp Channel di Indonesia, yang diselenggarakan secara daring, Rabu (13/9/2023).

Di Indonesia, organisasi yang telah memiliki Channel di WhatsApp di antaranya BMKG serta perusahaan konten Fremantle untuk acaranya seperti X Factor Indonesia dan Indonesian Idol.

Dikarenakan sifatnya yang juga minim interaksi, pengguna hanya dapat memberi komentar atau balasan menggunakan emoji reaksi (emoji reactions) terhadap pesan yang dikirim admin.

Baca juga: Cara Membuat Video Bulat di WhatsApp untuk Kirim Chat dalam Bentuk Video

Channel gabung dengan Status

Selain meluncurkan Channel, WhatsApp juga akan merombak tampilan navigasi bar. Navigasi bar akan berindah ke bawah dengan beberapa tata letak menu yang baru.

Nah, nantinya, fitur Channel akan menjadi satu dengan Status di tab "Updates" atau "Pembaruan". Hal ini dilakukan agar Channel tidak mengganggung tab Chat.

“Dikarenakan tujuannya untuk menjaga keamanan, Saluran WhatsApp tidak akan mengganggu tab Chat dan tersedia di tab yang berbeda. Saluran akan muncul di tab "Updates". Tab akan dapat dilihat oleh seluruh pengguna Indonesia mulai hari ini,” jelas Esther.

Di Channel, pengguna dapat mencari saluran atau kanal yang sesuai dengan minat di kolom Search. Sebelum memustuskan untuk bergabung, pengguna bisa melihat keseluruhan isi konten yang sudah diunggah admin selama 30 hari terakhir.

Tinjauan atau preview semacam ini ingin memudahkan pengguna mengetahui jenis konten apa yang dibagikan.

Apabila isi konten yang dipublikasi sesuai dengan minat atau preferensi, pengguna bisa langsung bergabung di dalamnya. Format konten yang tersedia di dalam mencakup foto, video, dan dokumen.

Baca juga: Instagram Channel Resmi di Indonesia, Ini Cara Membuatnya

Utamakan privasi pengguna

Ketika bergabung ke dalam saluran, WhatsApp berkomitmen untuk meningkatkan dan menjaga keamanan serta privasi data penggunanya. Jadi, admin ataupun peserta yang tergabung di dalamnya tidak dapat saling melihat nomor WhatsApp yang terdaftar.

Potensi dihubungi secara personal oleh akun lain yang tidak dikenal dapat dihindarkan. Selain itu, akun asing atau kontak yang disimpan tidak dapat mengetahui saluran mana yang diikuti pengguna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com