Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru WhatsApp Ada Tab Khusus Grup

Kompas.com - Diperbarui 12/09/2023, 06:09 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - WhatsApp tengah menyiapkan fitur baru. Fitur tersebut memungkinkan pengguna menyortir percakapan di dalam WhatsApp.

Fitur yang disebut chat filters ini sedang diuji coba di WhatsApp beta Android versi 2.23.19.7.

Fitur ini akan hadir berupa "tab" yang akan mengelompokkan semua percakapan berdasarkan jenisnya. Misalnya ada tab "all" atau "semua", ada pula tab "unread" untuk menyortir percakapan yang belum dibaca.

Nah istimewanya, akan hadir pula tab "grup" melalui fitur ini. Dengan demikian, pengguna akan lebih cepat menemukan obrolan grup dalam aplikasi WhatsApp.

WhatsApp sendiri memang belum memiliki tab khusus grup. Obrolan grup WhatsApp biasanya tercampur aduk dengan obrolan atau chat personal. Sehingga, tidak jarang pengguna mengalami kesulitan untuk menemukan grup yang ia ikuti.

Dengan mengetuk filter kategori “grup” ini, pengguna dapat langsung menemukan daftar grup yang dimiliki, membaca pesan yang belum terbaca, dan sebagainya.

Menurut bocoran dari situs WABetaInfo, fitur ini akan muncul tepat di bawah header atau di bagian atas aplikasi.

Baca juga: Kenapa Tidak Bisa Lihat Informasi Profil Pengguna WhatsApp Lain? Ini Penjelasannya

WhatsApp dikabarkan tengah mengembangkan fitur baru Chat Filter untuk memudahkan pengguna menyortir dan menyederhanakn manajemen pesan di dalam aplikasiWABetaInfo WhatsApp dikabarkan tengah mengembangkan fitur baru Chat Filter untuk memudahkan pengguna menyortir dan menyederhanakn manajemen pesan di dalam aplikasi

Terdapat beberapa kategori yang bisa diklik untuk memudahkan proses mengelola percakapan. Kategori tersebut terdiri dari “All” (seluruh percakapan”, “Unread” (pesan yang belum terbaca), “Contacts” (percakapan dari kontak yang disimpan), dan “Groups” (seluruh percakapan grup).

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmo China, Senin (11/9/2023), penamaan filter “Contacts” sempat mengalami perombakan. Awalnya, kategori “Contacts” dinamai “Personal” untuk membedakan antara percakapan grup dan personal.

Namun, di saat yang bersamaan, filter “Personal” juga menyertakan percakapan grup dan di komunitas. Dengan perombakan ini, filter “Contacts” akan benar-benar menyortir keseluruhan isi pesan pribadi saja, tanpa grup ataupun komunitas.

WhatsApp tampaknya memang tengah melakukan sejumlah perombakan dan penyesuaian untuk meningkatkan kontrol penggunanya.

Baca juga: Ada Video Bulat di WhatsApp, Fitur Apa Itu?

WABetaInfo mencatat bahwa kemunculan filter atau tab grup ini menunjukkan upaya WhatsApp untuk meningkatkan pengalaman pengguna di aplikasi, serta mendengar permintaan dari penggunanya.

Pengguna WhatsApp memang berharap perusahaan bisa menghadirkan fitur atau cara yang lebih mudah dalam mengelola dan mengatur obrolan di dalam aplikasi sejak beberapa tahun lalu.

Kendati demikian, fitur ini masih dalam tahap uji coba. Belum diketahui kapan fitur ini akan digelontorkan secara resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com