Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Xperia 5 V Meluncur, Sensor Kamera Jadi Andalan

Kompas.com - Diperbarui 02/09/2023, 21:57 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Sony resmi meluncurkan smartphone kelas atas alias flagship terbarunya, Sony Xperia 5 V. Ponsel ini  datang dengan sensor kamera utama yang lebih besar ketimbang pendahulunya dan dibekali chipset Snapdragon 8 Gen 2.

Sony Xperia 5 V memiliki dua sensor kamera belakang. Walau jumlah kameranya lebih sedikit ketimbang pendahulunya, Xperia 5 IV, hasil jepretan yang diambil diklaim lebih unggul dan maksimal.

Sony Xperia 5 V dilengkapi kamera utama beresolusi 52 MP dengan sensor berukuran 1/1,35 inci. Dengan ukuran sensor ini, Xperia 5 V diklaim dapat mengumpulkan lebih banyak cahaya sehingga hasil fotonya lebih apik.

Kamera keduanya adalah ultrawide 12 MP dengan sensor 1/2.5 inci. Kamera ini memiliki jarak fokus (focal length) 16 mm. Kendati spesifikasinya sama dengan Xperia 1 V dan Xperia 5 IV tahun lalu, kamera ultrawide tersebut sudah dilengkapi teknologi autofokus.

Kedua kamera dibenamkan ke dalam modul berbentuk lonjong dan ditemani lampu kilat LED (LED flash). LED flash bisa dimanfaatkan untuk membantu pencahayaan di kondisi minim cahaya atau foto di malam hari. Sementara itu, kamera depannya beresolusi 12 MP (sensor 1/2,9 inci).

Spesifikasi Sony Xperia 5 V

Tampilan layar depan Sony Xperia 5VGSM Arena Tampilan layar depan Sony Xperia 5V
Sony Xperia 5 V datang dengan bentuk yang panjang tapi ramping. Tampilan perangkat ini terlihat simpel dan ringkas. Sebab, Xperia 5 V dirancang lebih ringan 11 gram dan sedikit lebih tebal dari pendahulunya.

Baca juga: Alpha A6700 Resmi di Indonesia, Kamera Mirrrorless APS-C Teratas Sony

Pada bagian layar, Sony Xperia 5 V memiliki layar OLED seluas 6,1 inci. Layar tersebut memiliki resolusi Full HD Plus (1.080 x 2.520 piksel) dan refresh rate 120 Hz.

Sony Xperia 5 V mengandalkan chipset besutan Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 2 yang dipadu dengan RAM 8 GB dan ruang penyimpanan (storage) seluas 128 GB. Bila dirasa kurang, kapasitas penyimpanan ini bisa diperbesar melalui slot microSD.

Soal daya, Sony Xperia 5V dibekali baterai 5.000 mAh yang mendukung pengisian daya cepat. Pengisian daya diklaim dapat terisi 50 persen dalam waktu 30 menit menggunakan adaptor charger 30 watt.

Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 13 dan dipoles dengan antarmuka (UI/User Interface) XperiaUI versi terbaru.

Fitur pendukungnya yang tersedia adalah jaringan konektivitas 5G, dual-SIM, e-SIM, Wi-Fi 6e, colokan jack audio 3,5 mm, stereo speaker, dan pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya.

Varian warna yang ditawarkan adalah Black, Blue, dan Platinum Silver.

Baca juga: Sony Siapkan Xperia Fold, Ponsel Lipat Khusus Gaming?

Harga Sony Xperia 5 V

Sony Xperia 5 V dibanderol seharga 999 euro atau setara dengan Rp 16,5 jutaan (estimasi kurs Rp 16.439). Biasanya harga di wilayah Eropa lebih mahal dari wilayah lain.

Smartphone baru akan tersedia menjelang akhir September 2023, seperti dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Sabtu (2/9/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com