Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Umumkan PlayStation Portal, Perangkat Genggam untuk Streaming Game PS5

Kompas.com - 24/08/2023, 07:53 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Sony resmi mengumumkan kehadiran perangkat game portabel terbaru mereka yakni PlayStation Portal, pada Rabu (23/8/2023). Berbeda dengan perangkat game handheld biasa, PlayStation Portal dibuat khusus untuk bermain game PlayStation 5 (PS5) secara streaming.

Artinya, pengguna PlayStation Portal tidak bisa mengunduh dan memasang game di dalam perangkat. Pengguna PlayStation Portal, hanya bisa memainkan game yang sudah terinstal di PlayStation 5 melalui koneksi internet.

PlayStation Portal sendiri sejak awal memang tidak dibuat sebagai konsol baru, melainkan diposisikan sebagai perangkat pelengkap dari PS5. Perangkat ini dirancang untuk pengguna yang ingin main game PS5, tetapi tidak ingin berlama-lama menatap layar televisi.

Proyek pembuatan PlayStation Portal sendiri diumumkan Sony sejak Mei lalu. Saat itu, Sony menggunakan nama "Project Q" untuk kode perangkat tersebut.

PlayStation Portal memiliki desain yang mirip dengan Nintendo Switch. PlayStation Portal memiliki layar besar yang diapit oleh dua sisi gamepad atau controller.

Layar LCD tersebut memiliki bentang 8 inci dan dapat menampilkan gambar beresolusi 1.080 piksel dengan frame rate 60 fps.

Bicara soal desain, gamepad atau controller PlayStation Portal mengadopsi bahasa desain yang mirip dengan controller PS5 alias DualSense. Namun, bentuknya tampak lebih bongsor.

Perbandingan ukuran bodi PlayStation Portal (kanan) dan controller DualSense (kiri)YouTube/IGN Perbandingan ukuran bodi PlayStation Portal (kanan) dan controller DualSense (kiri)

 

Keduanya sisi gamepad PlayStation Portal ini mendukung efek getaran haptic feedback dan adaptive triggers, sama seperti sensasi yang disajikan DualSense. Selain itu, PlayStation Portal juga dapat memutar media melalui layar, sama seperti PS5.

Baca juga: Konsol PS5 Overheat di Turnamen E-sports, Port USB Sampai Meleleh

Untuk menjalankan atau memainkan game, PlayStation Portal wajib terkoneksi dengan jaringan internet Wi-Fi yang stabil agar pengalaman main game lebih mulus.

Sony menyarankan kecepatan internet minimum yang layak digunakan untuk main game di PlayStation Portal adalah 5 Mbps. Namun, kecepatan internet yang direkomendasikan adalah 15 Mbps.

Playstation Portal akan terhubung jarak jauh ke PS5 Anda melalui jaringan Wi-Fi sehinga Anda dapat langsung bermain PS5 langsung di Portal Playstation Anda,” jelas Vice President of Platform Excercise di Sony Interactive Entertainment, Hideaki Nishino, sebagaimana dikutip KompasTekno dari The Verge, Kamis (24/8/2023).

Ilustrasi menggenggam PlayStation PortalYouTube/IGN Ilustrasi menggenggam PlayStation Portal

 

PlayStation Portal memiliki jack audio 3,5 mm. Kendati demikian, PlayStation Portal tidak dibekali dengan koneksi Bluetooh, sehingga, pengguna tidak dapat menggunakan headphone nirkabel biasa atau perangkat sejenisnya.

Namun, perangkat ini dibekali dengan PlayStation Link, teknologi nirkabel (wireless) yang dirancang untuk memberi latensi yang rendah dan lossless audio. Sony pun sudah merilis headset atau perangkat yang mendukung teknologi ini.

Soal dayanya, Sony belum mengumbar lebih lanjut kapasitas dari perangkat barunya itu.

Namun, beberapa pihak memprediksi masa pakai PlayStation Portal akan mirip dengan DualSense, sekitar 7-9 jam pemakaian. Sony juga belum mengumbar secara rinci spesifikasi lainnya.

Perlu dicatat, meski PlayStation Portal dibuat untuk main game secara streaming, perangkat ini tidak bisa digunakan untuk memainkan game melalui layanan berlangganan cloud gaming PlayStation Plus (PS Plus) Premium.

Artinya, game yang ingin dimainkan di PlayStation Portal harus benar-benar terinstal di konsol PS5 milik pengguna.

Baca juga: Penampakan PS5 Slim, Kok Tidak Langsing?

Harga PlayStation Portal

Perangkat game portabel Sony PlayStation Portal dibanderol dengan harga 200 dollar AS atau sekitar Rp 3 jutaan.

Sony sendiri belum memberi tanggal pasti kapan PlayStation Portal akan mulai dijual. Namun, Sony memastikan perangkat ini akan hadir sekitar akhir tahun mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com