Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Umumkan ILX-LR1, Kamera Full-frame Ringan untuk Drone

Kompas.com - Diperbarui 07/09/2023, 06:06 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Sony pekan ini mengumumkan ILX-LR1, produk kamera ringkas yang didesain khusus untuk keperluan industri dengan diterbangkan oleh drone. ILX-LR1 dibekali sensor full-frame 61 MP, setara dengan kamera mirrorless Sony A7R Mark V.

Namun, ILX-LR1 jauh lebih kecil dan ringan, dengan ukuran hanya 10 x 7,4 x 4,25 cm dan bobot 240 gram, dibanding A7R Mark V sebesar 723 gram. Beratnya bahkan kurang dari setengah kamera mirrorless full-frame compact Sony, A7CR, yang berbobot 515 gram.

Baca juga: Alpha A6700 Resmi di Indonesia, Kamera Mirrrorless APS-C Teratas Sony

Dengan sensor full-frame yang resolusinya jauh lebih tinggi dibanding kebanyakan kamera drone, Sony mengeklaim bahwa ILX-LR1 ideal untuk keperluan inspeksi, investigasi, hingga survei dan pemetaan dalam industri.

Ilustrasi kamera Sony ILX-LR1 terpasang di droneSony Ilustrasi kamera Sony ILX-LR1 terpasang di drone
"Seiring dengan perkembangan pasar drone untuk industri, kami melihat adanya kebutuhan perangkat full-frame yang ringkas dan ringan, serta mengedepankan kualitas gambar," ujar Vice President Imaging Solutions Sony Electronics, Yang Cheng.

Dalam laman berisi penjelasan mengenai produk kamera tersebut, Sony mengeklaim bahwa ILX-R1 bisa mengungkap detail paling halus sekalipun seperti seperti goresan dan retakan kecil.

Sebagai kamera yang dirancang untuk drone, Sony ILX-LR1 tidak memiliki layar, viewfinder, ataupun baterai. Kamera ini dipasang di frame drone dengan screw mount di beberapa titik,

Sambungan daya diperoleh lewat kabel DC-in (10-18V). Koneksi data dan output display dilakukan lewat serta konektor USB C dan micro HDMI. Ada juga sebuah slot untuk memory card SD UHS-II.

Baca juga: Sony A7R Mark IV Meluncur dengan Sensor Full-frame 61 MP

Kamera ILX-LR1 bisa digunakan dengan Sony Camera Remote SDK sehingga operator drone bisa mengakses serta mengendalikan menu, setting, dan fungsii-fungsi lain dari kamera selagi diterbangkan.

Bagian belakang kamera Sony ILX-LR1Sony Bagian belakang kamera Sony ILX-LR1

Selain itu, karena menggunakan sistem mounting lensa E-mount, ILX-LR1 pun bisa dipasangi lensa-lensa kamera mirrorless Sony yang jumlahnya mencapai puluhan.

Dihimpun KompasTekno dari PetaPixel, Rabu (6/9/2023), Sony ILX-LR1 rencananya akan tersedia lewat Sony dan para rekanan peritelnya mulai September ini. Harga Sony ILX-LR1 dipatok sebesar 2.950 dollar AS atau sekitar Rp 45,2 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com