Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Arti Notifikasi Warna pada Panggilan Trucaller untuk Cek Nomor Tak Dikenal

Kompas.com - 17/09/2023, 11:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Truecaller merupakan aplikasi yang memiliki layanan untuk membantu pengguna dalam mengidentifikasi nomor ponsel asing yang menghubunginya.

Salah satu fitur Truecaller adalah memberikan informasi pengguna terkait indikasi nomor tak dikenal. Seperti asal nomor bisnis, nomor spam, atau pengguna umum. Uniknya fitur ini akan memunculkan notifikasi dengan empat warna berbeda tergantung pada asalnya masing-masing. 

Notifikasi tersebut muncul dengan warna, biru, merah, hijau, dan ungu. Sehingga pengguna yang menerima telepon mengetahui asal nomor tak dikenalnya. Hal ini dapat membantu pengguna untuk meningkatkan kewaspadaannya terhadap kejahatan siber yang sering terjadi dengan modus mengatasnamakan perusahaan tertentu.

Lantas apa arti warna notifikasi panggilan dari Truecaller? Selengkapnya berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Truecaller di HP Android dan iPhone untuk Cegah Telepon Penipuan

Biru

Warna biru Trucallerwww.truecaller.com Warna biru Trucaller

Saat menggunakan Truecaller dan menerima telepon, notifikasi warna akan muncul bersama nomor panggilan yang masuk. Apabila notifikasi muncul dengan warna biru dan biasanya disertai nama pengguna dan fotonya, maka dipastikan panggilan masuk dari penggunna yang aman.

Biru mengindikasikan nomor tersebut milik pengguna yang terpercaya dan bukan dari kalangan bisnis atau perusahaan. Anda bisa menerimanya maupun mengabaikannya jika merasa tidak mengenalinya.

Merah

Warna merah Truecallerwww.truecaller.com Warna merah Truecaller

Panggilan masuk yang membuat layar berubah menjadi merah biasanya mengindikasikan bahwa nomor tersebut adalah spam. Truecaller mengindikasikan nomor tersebut spam karena biasanya terdapat banyak pengguna yang sudah melaporkan sebagai nomor spam yang menganggu.

Untuk membantu Anda lebih memahami nomor-nomor yang ditandai sebagai spam, lihatlah statistik spam di aplikasi Android Truecaller. Statistik spam akan mencantumkan jumlah laporan spam untuk nomor itu, waktu spammer biasanya menelepon, dan apakah jumlah laporan spam untuk nomor itu bertambah. Maka dari itu Anda tidak perlu mengangkat nomor telepon spam.

Hijau

warna hijau pada Truecallertruecaller.com warna hijau pada Truecaller

Apabila layar HP pada panggilan masuk berubah warna hijau, maka nomor ponsel tersebut terindikasikan berasal dari perusahaan atau bisnis yang telah terverifikasi. Namun nomor ini juga bisa jadi terindikasi spam sehingga notifikasi panggilan bisa jadi berubah berwarna merah.

Hal ini dikarenakan tak jarang beberapa pengguna Truecaller melaporkan nomor bisnis tertentu sebagai spam karena enggan mengangkatnya dan merasa cukup mengganggu.

Ungu

Warna ungu Truecallertruecaller.com Warna ungu Truecaller

Notifikasi panggilan warna ungu dari Truecaller mengindikasikan bahwa nomor tersebut dari perusahaan prioritas yang terverifikasi menelepon Anda. Notifikasi warna ungu mengartikan bahwa nomor ponsel dapat terpercaya dan Anda bisa mengangkatnya.

Baca juga: Truecaller Versi Baru Bisa Kenali Nama Penelepon dari Suara

Cara mengaktifkan Trucaller untuk menghindari telepon penipuan

Ilustrasi TruecallerKompas.com/soffyaranti Ilustrasi Truecaller

  • Unduh aplikasi Truecaller di Google Play Store (Android) maupun App Store (iOS)
  • Pilih "Get Started"
  • Izinkan akses kontak pada ponsel Anda
  • Isi data seperti nama lengkap dan e-mail
  • Setelah itu Truecaller aktif dan terpasang di ponsel Anda dan mampu mengidentifikasi siapa saja yang menghubungi Anda

Demikian ulasan mengenai arti warna notifikasi pada aplikasi Truecaller. Bagi Anda yang memiiliki aplikasi ini dapat memperbaruinya di Google Play Store atau App Store untuk mendapatkan update terbaru dari fitur-fiturnya. Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com