Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chip Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 Meluncur untuk Ponsel Menengah

Kompas.com - 18/09/2023, 08:51 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Qualcomm resmi merilis chipset terbarunya untuk ponsel kelas menengah (mid-range), yaitu Snapdragon 7s Gen 2

Dengan embel-embel "s", Snapdragon 7s Gen 2 merupakan chipset Snapdragon 7 Gen 2 "reguler" dengan spesifikasi yang sedikit dipangkas.

Jika dilihat secara umum, kemampuan chipset terbaru Qualcomm yang dibuat menggunakan fabrikasi 4 nm ini lebih setara dengan Snapdragon 7 Gen 1.

Di atas kertas, Snapdragon 7s Gen 2 memiliki prosesor (CPU) delapan inti, yang terdiri dari empat inti CPU performa tinggi (2,4 GHz) dan empat inti CPU hemat daya (1,95 GHz). 

CPU tersebut dipadukan dengan unit pengolah grafis (GPU) Adreno misterius yang sudah mendukung fitur OpenGL ES 3.2, Vulkan 1.3, dan OpenCL 2.0 FP, serta chip modem 5G Snapdragon X62 yang diklaim bisa memberikan kecepatan unduh (download) hingga 2,9 Gbps. 

Baca juga: Qualcomm Umumkan Snapdragon G, Chipset Khusus Konsol Game Handheld

Pada aspek fotografi dan videografi, Snapdragon 7s Gen 2 mendukung pengambilan gambar 200 megapiksel (MP) yang bisa diambil menggunakan konfigurasi satu kamera 48 MP, dua kamera 32 MP + 12 MP, atau tiga kamera 16 MP + 16 MP + 16 MP.

Chipset ini juga mendukung perekaman video 4K dengan frame rate 30 FPS, 4K HDR, serta video gerak lambat (slow motion) kualitas 1080p dengan frame rate 120 FPS.

Untuk sektor display, chipset Snapdragon 7s Gen 2 mendukung layar dengan resolusi hingga Full HD Plus dan refresh rate hingga 144 Hz.

Fitur pendukung lainnya yang ada di chipset ini mencakup WiFi 6E, Bluetooth 5.2, NFC, teknologi pengisian cepat dengan standar Quick Charge 4+ via USB-C, RAM berjenis LPDDR5 (3.200 MHz), dan masih banyak lagi.

Baca juga: Qualcomm Pecah Rekor Kecepatan 5G, Download Film 4K Hanya 38 Detik

Qualcomm tak mengumbar kapan Snapdragon 7s Gen 2 akan diproduksi massal. Mereka juga tak membocorkan ponsel kelas menengah apa saja yang akan memakai chipset ini.

Namun, chipset ini konon akan mentenagai salah satu ponsel terbaru Xiaomi, yaitu Redmi Note 13 Pro yang kabarnya akan meluncur sekitar bulan ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidAuthority, Senin (18/9/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com