Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo A2 Pro Resmi, Punya Layar Melengkung dan Chipset Dimensity 7050

Kompas.com - 18/09/2023, 09:35 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Oppo memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya dari keluarga A-series, yaitu Oppo A2 Pro. Ponsel ini dirilis di China.

Ponsel ini datang dengan desain layaknya smartphone kelas atas (flagship). Sebab, layar dimiliki mengadopsi model melengkung (curved screen) di bagian kanan dan kirinya. 

Oppo A2 Pro dibekali layar AMOLED 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.412 x 1.080 piksel). Layar Oppo A2 Pro mendukung refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz, dan memiliki tingkat kecerahan maks 950 nits.

Terdapat sebuah punch hole yang menampung kamera depan beresolusi 8 MP (f/2.2). Kamera depan juga dapat digunakan untuk memotret dengan mode malam, time-lapse, dan panorama.

Sementara di sektor dapur pacu, Oppo A2 Pro mengandalkan chipset Dimensity 7050. Chip yang dirancang dengan fabrikasi 6 nm itu didampingi beberapa opsi kapasitas RAM (LPDDR4X) dan penyimpanan UFS 3.1.

Pilihan yang tersedia adalah 8 GB/256 GB, 12B/256 GB, dan 12 GB/512 GB seperti dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Senin (18/9/2023).

Oppo A2 Pro sudah lolos sertifikasi IP54. Artinya perangkat dapat tahan terhadap cipratan air dan debuOppo Oppo A2 Pro sudah lolos sertifikasi IP54. Artinya perangkat dapat tahan terhadap cipratan air dan debu

Bicara soal fotografi, Oppo A2 Pro dilengkapi dua kamera belakang, yakni kamera utama 64 MP (f/1.7) dan sensor kedalaman (depth sensor) 2 MP (f/2.2). Kedua kamera ditemani lampu kilat LED dan dibenamkan dalam modul berbentuk lingkaran yang cukup besar.

Baca juga: Oppo A98 5G Rilis di Indonesia, Kamera 64 MP Harga Rp 4 Jutaan

Oppo A2 Pro ditopang baterai berkapasitas 5.000 mAH dan mendukung pengisian daya cepat (fast charging) 67 watt. Masa pakai baterai perangkat ini diklaim lebih awet karena perangkat dibekali chip khusus yang dapat memantau pengisian daya dan mencegah panas atau pengisian daya yang berlebih.

Menurut Oppo, baterai perangkat memiliki umur penggunaan yang optimal selama empat tahun, atau sebanyak 1.000 kali siklus pengisian daya sebelum battery health turun ke 80 persen.

Apabila baterai perangkat sudah menujukkan penurunan performa sebelum empat tahun setelah pembelian, konsumen dimungkinkan melakukan pergantian baterai secara gratis.

Oppo A2 dayang dengan layar curved screen (melengkung) di bagian kanan dan kirinya. Layar dihiasi poni berlubang untuk menampung kamera depan beresolusi 8 MP (f/2.2)Oppo Oppo A2 dayang dengan layar curved screen (melengkung) di bagian kanan dan kirinya. Layar dihiasi poni berlubang untuk menampung kamera depan beresolusi 8 MP (f/2.2)
Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 13 yang dipoles dengan antarmuka ColorOS 13.1.

Fitur pendukung lainnya, mendukung konektivitas 5G, nano-SIM, Wi-Fi 6, Bluetooth, GPS, mengadopsi pemindai sidik jari dalam layar (in-display fingerprint) sebagai sistem keamanan perangkat, USB-C sebagai port pengisian daya dan colokan headphone.

Baca juga: Oppo A38: Harga dan Spesifikasi di Indonesia

Harga Oppo A2 Pro

Oppo A2 Pro menawarkan tiga warna, yakni Vast Black, Desert Brown (punya tekstur seperti kulit/leather), dan Twilight.

Banderol harganya domulai dari 1.799 yuan atau Rp 3,7 jutaan untuk varian 8 GB/128 GB, 1.999 yuan (Rp 4,2 jutaan) untuk 12 GB/256 GB, dan 2.399 yuan (Rp 5 jutaan) untuk 12 GB/512 GB.

Penjualan perdana bakal dilakukan per 22 September 2023. Belum ada indikasi bahwa perangkat akan diperkenalkan di luar China, ataupun Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com