Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Pensiunkan WordPad Setelah 30 Tahun

Kompas.com - Diperbarui 05/09/2023, 09:13 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Selamat tinggal WordPad. Perangkat lunak (software) pengolah kata ini dipensiunkan oleh Microsoft, setelah hampir 30 tahun hadir di sistem operasi (OS) Windows.

Microsoft mengumumkan kabar ini lewat situs resminya pada awal September 2023.

"Aplikasi WordPad tidak lagi diperbarui dan akan dihapus pada rilis Windows mendatang," tulis Microsoft selaku pengembang Windows.

Aplikasi pengolah kata WordPad pertama kali hadir secara bawaan pada OS Windows 95 yang dirilis pada Agustus 1995. Itu artinya aplikasi ini resmi dipensiunkan di usia 28 tahun.

Pantauan KompasTekno, Senin (4/9/2023), apliaksi WordPad masih bisa ditemukan dan digunakan di Windows 11 versi OS build 22621.2134.

Namun, setelah WordPad resmi dihapus, Microsoft menyarankan pengguna Windows untuk menggunakan software Microsoft Word untuk membuka/membuat dokumen teks berformat .doc dan .rtf.

Baca juga: Microsoft Diam-diam Setop Paket Unlimited OneDrive

Pengguna juga dapat mengandalkan aplikasi Notepad yang tersedia di Windows  untuk membuka dokumen dengan format .txt.

WordPad sedianya memiliki tampilan dan fitur mirip Microsoft Word. Perbedaan utamanya, WordPad memungkinkan pengguna melihat dokumen teks dalam berbagai format umum dan melakukan pengeditan dasar.

Sementara Word memiliki lebih banyak fungsi pengeditan dan pencetakan teks tambahan dibandingkan Wordpad yang jauh lebih sederhana.

WordPad terbilang sudah lama tidak mendapatkan pembaruan besar dari Microsoft. Aplikasi pengolah kata ini diperbarui dengan antarmuka Ribbon UI Windows 7 pada 2007.

Pembaruan ini menampilkan tujuh tab baru meliputi Home, Insert, Page layout, References, Mailing, Review, dan View.

Baca juga: Bill Gates, Pendiri Microsoft yang Tidak Suka Pelajaran Dasar Ilmu Komputer

Di Windows 8 yang dirilis pada 2012, WordPad kembali mendapatkan sedikit perombakan desain. Namun, setelah itu, Microsoft tak memberikan pembaruan yang signifikan. Hingga pada Agustus 2023 ini, Microsoft memilih untuk menghapus WordPad dari Windows.

Berbeda nasib dengan WordPad, NotePad yang juga sudah lama tak mendapatkan pembaruan, justru mendapatkan sejumlah pembaruan besar mulai 2018. Di Windows 11,  NotePad juga mulai mendapatkan fitur tab.

Yang paling baru, Microsoft baru saja mengumumkan bahwa NotePad bakal kedatangan fitur baru penyimpanan otomatis dan pemulihan tab secara otomatis, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (4/9/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com