Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fitur iOS 17 yang Menarik Dicoba, Ada Poster Kontak dan Mode StandBy

Kompas.com - Diperbarui 20/09/2023, 13:48 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - iOS 17, sistem operasi terbaru untuk iPhone resmi dirilis dan sudah bisa diunduh oleh pengguna. Seperti iOS generasi-generasi sebelumnya, iOS 17 juga membawa fitur-fitur terbaru untuk iPhone.

Ada banyak sekali fitur iOS 17 yang hadir di iPhone. fitur iOS 17 secara umum memiliki fokus untuk meningkatkan pengalaman berbagi dan berkomunikasi antar pengguna iPhone.
Dari sekian banyak fitur itu, terdapat beberapa yang menarik dan patut dicoba.

Baca juga: Ruginya Pengguna iPhone X dkk, Tak Bisa Pakai Fitur-fitur Keren di iOS 17 Ini

Lantas, apa saja fitur iOS 17 yang menarik itu? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar fitur iOS 17 yang menarik dan patut dicoba.

Fitur iOS 17 yang menarik

1. Poster kontak

Tampilan fitur poster kontak di iOS 17 yang dapat menampilkan kartu nama di layar iPhone pengguna lain ketika pengguna meneleponnya.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan fitur poster kontak di iOS 17 yang dapat menampilkan kartu nama di layar iPhone pengguna lain ketika pengguna meneleponnya.

Fitur iOS 17 yang menarik pertama dan mungkin cukup ditunggu-tunggu adalah poster kontak. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat poster, gambar, atau kartu nama yang dapat muncul di layar ponsel pengguna lain ketika meneleponnya.

Kartu nama dari fitur poster kontak ini bakal berisi foto profil, background, dan nama pengguna. Kartu nama itu akan muncul di layar iPhone pengguna lain ketika seorang pengguna sedang menelponnya.

2. NameDrop

Ilustrasi fitur NameDrop di iOS 17 yang memungkinkan pengguna saling membagikan kartu namanya dengan menempelkan langsung bagian ujung atas kedua iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi fitur NameDrop di iOS 17 yang memungkinkan pengguna saling membagikan kartu namanya dengan menempelkan langsung bagian ujung atas kedua iPhone.

Kedua, terdapat fitur NameDrop, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi kartu nama berisi informasi kontak, seperti nama, nomor telepon, foto profil, dan sebagainya.

Melalui fitur ini, pengguna bisa saling membagikan kartu namanya dengan mendekatkan ujung bagian atas iPhone. Ketika didekatkan, kedua iPhone bakal saling mendeteksi dengan muncul animasi khusus seperti cahaya lampu.

Setelah itu, kartu nama di iPhone dari masing-masing pengguna akan dibagikan secara otomatis. Perlu diketahui, fitur poster kontak dan NameDrop di iOS 17 itu berkaitan. Untuk bisa menampilkan atau membagikan kartu nama, pengguna perlu membuatnya dulu.

Jika tertarik mencobanya, adapun penjelasan mengenai cara membuat poster kontak dan NameDrop adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Kontak di iPhone.
  • Selanjutnya, buka menu “Kartu Saya” atau “My Card” dan klik opsi “Edit”
  • Isi kartu nama dengan beberapa informasi kontak sesuai keinginan, seperti nomor telepon, alamat e-mail, alamat rumah, dan sebagainya.
  • Setelah itu, klik opsi “Edit” dan pilih “Buat Baru” untuk membuat desain kartu nama.
    Ilustrasi membuat poster kontak dan NameDrop di iPhone iOS 17.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi membuat poster kontak dan NameDrop di iPhone iOS 17.
  • Berikutnya, pengguna bisa mulai membuat desain kartu namanya sesuai keinginan.
  • Pengguna dapat menambahkan foto profil dari foto diri sendiri atau karakter memoji.
  • Kemudian, pengguna dapat mengubah warna background kartu nama sesuai keinginan.
  • Pengguna juga bisa mengubah jenis font dari nama yang tertera pada kartu tersebut.
  • Jika sudah selesai, pengguna bisa menyimpan kartu nama itu.
    Ilustrasi cara membuat poster kontak dan NameDrop di iPhone iOS 17.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat poster kontak dan NameDrop di iPhone iOS 17.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kartu nama buatan pengguna itu bakal bisa dibagikan dalam fitur poster kontak dan NameDrop. Saat kartu nama dibagikan lewat NameDrop, desainnya bakal turut tersimpan pula dalam daftar kontak milik pengguna lain.

3. Mode StandBy

Ilustrasi fitur mode StandBy di iOS 17.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi fitur mode StandBy di iOS 17.

Fitur iOS 17 yang menarik berikutnya adalah mode StandBy. Fitur ini memungkinkan layar iPhone tetap menyala untuk menampilkan konten sederhana (seperti jam, kalender, atau foto) secara penuh, saat iPhone sedang terhubung dengan cas dan dalam posisi landscape.

Baca juga: Daftar iPhone yang Tak Bisa Update iOS 17, Termasuk iPhone X

Rupa fitur mode StandBy ini mirip dengan fitur Always on Display yang tersedia di kebanyakan HP Android. Akan tetapi, di mode Standby, layar iPhone hanya tetap menyala dengan cahaya yang sedikit redup pada saat mengisi daya dan dalam posisi landscape.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com