Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Menu Saluran WhatsApp Belum Muncul? Begini Penjelasannya

Kompas.com - 19/09/2023, 12:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp merilis fitur barunya yaitu Saluran WhatsApp atau Channel WhatsApp pada Rabu (13/9/2023). Fitur Channel WA mirip Telegram ini memungkinkan pengguna dapat mengikuti (follow) atau bergabung dengan Channel milik organisasi atau individu yang telah terverifikasi.

Munculnya fitur baru WA ini juga memberikan sedikit perubahan pada tampilan WhatsApp. Salah satunya fitur "Status" menjadi "Pembaruan". Selain itu status yang dibuat oleh para kontak di WA yang biasanya dalam daftar vertikal (menurun) kini menjadi horizontal (menyamping).

Namun pantauan KompasTekno hingga Selasa (19/9/2023) fitur ini masih belum merata di seluruh pengguna. Beberapa pengguna masih belum bisa menemukan Saluran WhatsApp. Lantas mengapa ini terjadi? Berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Cara Menambahkan Saluran WhatsApp buat Dapat Informasi Terkini

Belum update

Fitur Saluran WhatsApp hadir di aplikasi WhatsApp Android versi 2.23.18.79 dan aplikasi WhatsApp iOS versi 23.18.78. Bagi pengguna yang belum kebagian fitur ini maka dapat memperbaruinya di toko aplikasi Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Setelah diperbarui pengguna bisa mengecek kembali WhatsApp dan melihat fiturnya apakah sudah muncul atau belum.

Cek secara berkala

Sebagian pengguna biasanya kurang memperhatikan update terbaru mengenai aplikasi di ponselnya. Salah satunya update WhatsApp. Maka dari itu cek secara berkala toko aplikasi ponsel Anda. Apabila terdapat notifikasi pembaruan atau 'update' maka segera lakukan pembaruan agar mendapatkan fitur terbarunya.

Belum kebagian

Meskipun fitur sudah rilis secara global termasuk di Indonesia, namun tak jarang pembaruan fitur ini masih belum merata dan bertahap. Pengguna bisa bersabar menunggu hingga fitur Saluran WhatsApp muncul.

Baca juga: Cara Menghapus Saluran WhatsApp dengan Mudah biar Tak Terganggu

Cara menambahkan saluran WhatsApp

  • Klik "menu" pembaruan WhatsApp
  • Gulir ke bawah hingga menemukan fitur "Saluran"
  • Pengguna bakal disajikan dengan rekomendasi saluran yang bisa diikuti
  • Selain rekomendasi, pengguna bisa klik "Cari Saluran" untuk menemukan sendiri akun Saluran yang ingin diikuti
  • Pada opsi “Cari Saluran”, pengguna bisa mencari akun saluran berdasarkan beberapa kategori, seperti “paling aktif”, “populer”, atau “wilayah”
  • Selain itu oengguna juga bisa mencari akun saluran dengan memasukkan namanya langsung
  • Setelah menemukan channel yang sesuai keinginan, klik ikon tambah dan channel bakal otomatis ditambahkan ke daftar saluran di menu pembaruan WhatsApp.

Baca juga: Ramai soal Menu Baru “Saluran” Muncul di Status WhatsApp, Apa Itu?

Demikian ulasan mengapa fitur saluran WA tidak muncul. Salah satunya karena pengguna belum melakukan pembaruan di toko aplikasi Play Store (Android) atau App Store (iOS). Cek secara berkala maupun bersabar menunggu tahap pembaruan yang hadir di ponsel Anda. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com