Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Tampang Samsung Galaxy S23 FE yang Segera Dirilis?

Kompas.com - 19/09/2023, 16:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Setelah dibanjiri berbagai rumor kedatangan Samsung Galaxy S23 FE (Fan Edition), bocoran tampang ponsel “murah” ini kembali mencuat di dunia maya.

Bocoran desain Galaxy S23 FE diumbar oleh seorang tipster gadget kenamaan bernama Evan Blass. Dalam unggahan di akun X (dulu Twitter) pribadinya dengan handles @evleaks, ia mengunggah sebuah GIF (atau cuplikan singkat) dari perangkat berwarna hitam.

Belakangan, unggahan Evan Blass di X tersebut dihapus. Walau tidak menyertakan informasi apa pun di bagian takarir (caption), sejumlah pihak meyakini perangkat tersebut adalah Galaxy S23 FE.

Sebab, keseluruhan desainnya mirip bocoran konten promosi Galaxy S23 FE beberapa waktu lalu.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 FE Segera Rilis di Indonesia?

Bocoran poster promosi tersebut menunjukkan tampilan punggung Galaxy S23 FE yang disertai berbagai macam warna, seperti Ungu, Hitam, Putih, dan Mint. Berikut adalah bocoran posternya.

Poster promosi dari Galaxy S23 FE bocor di media mayaSam Mobile Poster promosi dari Galaxy S23 FE bocor di media maya

Ponsel terlihat memiliki tiga kamera yang disusun vertikal dan langsung dibenamkan ke cangkang, tanpa modul. Nah, tampilan punggung tersebut mirip dengan bocoran desain yang dibagikan sang tipster. Namun, gambar yang diunggah hanya menampilkan warna Hitam.

Cuplikan singkat foto yang diunggah Evan Blass juga menunjukkan dua tombol yang diposisikan cukup berdekatan di bodi sebelah kanan.

Tombol berukuran kecil diduga berfungsi sebagai tombol daya, sedangkan tombol yang lebih besar kemungkinan berfungsi sebagai tombol volume. Di sisi kirinya, terdapat satu kompartmen yang diduga untuk menyimpan kartu SIM.

Baca juga: Tanda-tanda Peluncuran Samsung Galaxy S23 FE Makin Dekat

Sementara itu, layar perangkat dihiasi poni berlubang (punch hole) di tengah atas untuk menampung kamera depan (selfie). Desain layar yang diadopsi adalah datar alias flat display. Kemudian, bodi dirancang dengan keempat sudut yang membulat.

Bahasa desain yang diadopsi memang tampak mirip dengan sejumlah smartphone yang sudah dirilis Samsung. Namun, bukan karena faktor itu saja. Kecocokan gambar yang diunggah Evan juga sesuai dengan situs otoritas telekomunikasi China (TENAA).

Merujuk pada database TENAA, Galaxy S23 FE terlihat datang dengan tiga kamera yang juga diposisikan secara vertikal tanpa modul. Galaxy S23 FE tercatat memiliki dimensi 158 mm (tinggi) x 76,5 mm (lebar) x 8,2 mm (ketebalan) dengan bobot 210 gram.

Laman TENAA juga menyebut perangkat datang dengan layar seluas 6,5 inci. Mirip seperti “saudaranya”, Galaxy S23 Plus, yang datang dengan layar 6,6 inci, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (19/9/2023).

Bocoran spesifikasi Galaxy S23 FE

Merangkum bocoran yang beredar di internet, Galaxy S23 FE bakal ditenagai Snapdragon 8 Gen 1 atau chipset bikinan Samsung, Exynos 2200. Konon, SoC (System-on-Chip) tersebut akan dipadankan dengan RAM 6/8 GB dan storage (ruang penyimpanan) 128/256 GB.

Galaxy S23 FE disinyalir datang dengan layar berpanel AMOLED, resolusi Full HD Plus, dan refresh rate hingga 120 Hz. Soal kamera, perangkat konon dilengkapi kamera utama 50 MP yang disertai penstabil gambar (OIS), kamera ultrawide 8 MP, kamera tele 12 MP, dan kamera selfie 10 MP.

Baterai yang dimiliki kemungkinan berkapasitas 4.500mAH dengan fast charging 25 watt (wired charging) atau wireless charging (tanpa kabel) 15 watt.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com