Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Keunggulan iOS 17 Dibanding iOS 16, Salah Satunya Lebih Menarik dalam Berbagi

Kompas.com - 21/09/2023, 18:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - iOS 17, sistem operasi terbaru untuk iPhone, yang sudah bisa diunduh pengguna di Indonesia sejak Selasa kemarin (19/9/2023), membawa peningkatan dan pembaruan fitur dari pendahulunya, iOS 16.

Sebagai penerus iOS 16, iOS 17 memiliki sejumlah kelebihan atau keunggulan dalam segi fitur yang dibawanya. Lantas, apa saja keunggulan iOS 17 dibanding iOS 16? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah daftar beberapa kelebihan iOS 17 dari iOS 16.

Baca juga: 7 Fitur iOS 17 yang Menarik Dicoba, Ada Poster Kontak dan Mode StandBy

Daftar kelebihan iOS 17 dari iOS 16

Kelebihan iOS 17 dari iOS 16 secara umum terletak pada fitur berbagi dan berkomunikasi. Sebagai informasi, iOS 17 dirilis dengan fokus untuk meningkatkan pengalaman berbagi dan berkomunikasi antar pengguna di iPhone.

Dibanding pendahulunya, iOS 17 secara garis besar dibekali fitur atau kemampuan yang dapat membuat aktivitas berbagi dan berkomunikasi menjadi lebih mudah dan menarik.

Selain itu, keunggulan iOS 17 juga terdapat pada pembaruan dan peningkatan fitur di sejumlah aplikasi bawaan. Adapun daftar keunggulan iOS 17 dari iOS 16 adalah sebagai berikut:

1. Berbagi

Fitur berbagi kontak NameDrop di iOS 17.Apple Fitur berbagi kontak NameDrop di iOS 17.

Di fitur berbagi, iOS 17 setidaknya menghadirkan dua fitur yang lebih mempermudah aktivitas berbagi pengguna dibandingkan iOS 16. Adapun dua fitur berbagi yang dibawa iOS 17 itu terdiri dari:

  • NameDrop: Fitur ini memungkinkan tiap pengguna untuk saling membagikan kartu nama berisi informasi kontak yang dibuat secara personal, melalui koneksi AirDrop (WiFi dan BlueTooth), hanya dengan mendekatkan bagian ujung atas kedua iPhone.
  • Pembaruan berbagi via AirDrop: Di iOS 17, pengguna bisa langsung membagikan media atau dokumen hanya dengan mendekatkan bagian ujung atas kedua iPhone, tanpa harus memilih nama AirDrop terlebih dahulu.

2. Telepon

Ilustrasi fitur poster kontak di iOS 17 yang bisa menampilkan kartu nama pengguna di halaman telepon pengguna lain.Apple.com Ilustrasi fitur poster kontak di iOS 17 yang bisa menampilkan kartu nama pengguna di halaman telepon pengguna lain.

Keunggulan iOS 17 berikutnya terletak pada fitur telepon. Di fitur telepon, terdapat dua pembaruan fitur yang membuat iOS 17 lebih unggul dibanding iOS 16 yang meliputi:

  • Poster kontak = Fitur ini memungkinkan pengguna membuat poster, gambar, atau kartu nama yang dapat muncul di layar ponsel pengguna lain ketika pengguna sedang meneleponnya. Poster kontak membuat identitas penelepon jadi lebih menarik.
  • Live Voicemail = Di iOS 17, ketika seseorang meninggalkan Voicemail, pengguna bisa langsung melihat transkrip atau salinan teks dari suara orang tersebut di layar iPhone dan berkesempatan untuk membalas pesan dari orang itu.

3. iMessage

Ilustrasi membuat stiker dengan efek animasi di iMessage iOS 17.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi membuat stiker dengan efek animasi di iMessage iOS 17.

Di perpesanan iMessage, ada beberapa keunggulan iOS 17 dibanding pendahulunya. Secara umum, iMessage iOS 17 mengalami perubahan tampilan yang lebih ringkas dengan dibekali fitur terbaru. Adapun kelebihan iOS 17 di iMessage adalah sebagai berikut:

  • Stiker, emoji, memoji, dan lainnya di iMessage iOS 17 kini tergabung semua dalam satu menu, yakni menu “Stiker”.
  • Di iMessage iOS 17, pengguna sekarang bisa membuat langsung stiker dengan efek animasi.
  • iMessage di iOS 17 dibekali pula dengan fitur Check-in. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan notifikasi bahwa pengguna lain, seperti anggota keluarga, saudara, atau teman, telah sampai di lokasi tujuan dengan selamat.
  • iMessage di iOS 17 juga dibekali dengan fitur baru transkrip pesan audio. Lewat fitur ini, pengguna bisa langsung melihat transkrip atau salinan teks dari pesan audio yang dikirimkan di iMessage.

Baca juga: Daftar Lengkap Fitur Baru iOS 17, Ada Poster Kontak, NameDrop, dll

4. Safari

Ilustrasi fitur kunci tab private di Safari iOS 17.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi fitur kunci tab private di Safari iOS 17.

Di aplikasi browser bawaan, Safari, iOS 17 juga membawa pembaruan tampilan dan fitur yang membuatnya lebih menarik dibanding iOS 16. Kelebihan iOS 17 pada aplikasi Safari antara lain meliputi:

  • Safari di iOS 17 mengalami perubahan tampilan (User Interface) dari Safari di iOS 16, yang mana tiap grup tab kini tersusun dalam kolom-kolom yang disajikan secara berdampingan. Pengguna bisa pindah grup tab lebih mudah dengan hanya menggeser kolom tersebut.
  • Safari iOS 17 dibekali fitur yang memungkinkan pengguna membuat profil untuk tiap grup tab, sehingga grup tab dapat dikelompokkan berdasarkan minat. Misalnya, grup tab dengan profil pendidikan yang berisi kumpulan tab website terkait pendidikan.
  • Tab private di Safari iOS 17 sekarang bisa dikunci menggunakan Face ID atau Touch ID, sehingga membuatnya tak bisa dibuka sembarangan oleh orang lain.

5. Siri

Fitur Siri di iOS 17 yang memungkinkan pengguna mengaktifkannya hanya dengan mengucap Siri, tak perlu lagi Hay Siri.Apple Fitur Siri di iOS 17 yang memungkinkan pengguna mengaktifkannya hanya dengan mengucap Siri, tak perlu lagi Hay Siri.

Kelebihan iOS 17 kelima terletak pada program asisten suara virtual Siri, yang antara lain adalah sebagai berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com