Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Maintenance "Genshin Impact" 24 April, Siap-siap Ada Karakter Baru Arlecchino

Kompas.com - 23/04/2024, 19:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Publisher game Hoyoverse akan Genshin Impact 4.6 bertajuk "Two Worlds Aflame, the Crimson Night Fades" pada Rabu (24/4/2024). Genshin Impact 4.6 ini akan menghadirkan karakter bintang lima terbaru bernama Arlecchino.

Arlecchino alias The Knave merupakan salah satu dari 11 Fatui Harbingers selain Tartaglia (Childe). Fatui itu sendiri merupakan salah satu faksi antagonis di Genshin Impact.

Arlecchino memiliki elemen api (Pyro) dan menggunakan senjata tombak (polearm). Ia memiliki kemampuan (skill) unik bernama "Bond of Life", yang memungkinkannya untuk mengganggu healing musuh.

Selain menjadi karakter yang bisa dimainkan, Arlecchino bakal menjadi bos yang bisa dilawan tiap minggunya untuk mendapatkan item. Item ini nantinya digunakan untuk menaikkan level kemampuan Arlecchino, sehingga ia menjadi lebih kuat.

Tak hanya karakter, Genshin Impact 4.6 juga membawa area baru di Fontaine termasuk Village of Petrichor, misi cerita untuk Arlecchino dan Cyno, artefak baru, hingga event musik dengan hadiah berupa karakter gratis Gorou.

Baca juga: Ukuran File Genshin Impact Bisa sampai 32 GB, Ini Kata Hoyoverse

Sebelum meluncurkan update 4.6, Hoyoverse akan melakukan proses perbaikan server (maintenance) Genshin Impact. Berikut ini jadwal maintenance Genshin Impact 4.6:

Proses maintenance server ini akan berlangsung kurang lebih lima jam. Dengan begitu, pengguna di wilayah Indonesia sudah bisa menjajal konten baru Genshin Impact 4.6 pada pukul 10.00 WIB.

Saat login, pengguna akan diberikan hadiah kompensasi maintenance sebesar 300 Primogems gratis. Item ini dimanfaatkan untuk mengikuti undian (gacha) karakter atau senjata.

Pengguna dapat mengeklaimnya dengan membuka kotak masuk (inbox) dalam game dan mengambil Primogems tersebut.

Catatannya, pengguna harus mencapai level Adventure Rank 5 (AR5) sebelum maintenance dimulai, dan kompensasi tersebut wajib diambil sebelum versi 4.6 berakhir. Versi 4.6 kemungkinan akan berakhir pada Juni 2024 mendatang.

Ukuran file Genshin Impact 4.6

Selain menjadi karakter yang bisa dimainkan, Arlecchino alias The Knave bakal menjadi bos di Genshin Impact 4.6Eurogamer Selain menjadi karakter yang bisa dimainkan, Arlecchino alias The Knave bakal menjadi bos di Genshin Impact 4.6
Genshin Impact 4.6 sudah bisa diunduh (pre-load) hari ini juga sebelum maintenance server digelar. Artinya, pengguna yang sudah mengunduh dari sekarang bisa langsung menikmati konten baru begitu maintenance berakhir.

Ukuran file total Genshin Impact 4.6 di PC kira-kira adalah 28,72 hingga 36,2 GB. Di sisi lain, ukuran file update di platform mobile (iOS/Android) berada di kisaran 8,75 GB hingga 9,9 GB.

Ukuran file ini bisa dibilang besar, mengingat ukuran file Genshin Impact 4.5 hanya 5,28 GB di PC dan 1,9 GB hingga 2,4 GB di mobile.

Musababnya, beberapa file game Genshin Impact diubah untuk mengoptimalkan pengalaman bermain secara keseluruhan. Meski ukuran pre-load lebih besar dari biasanya, nantinya ukuran file keseluruhan setelahnya menjadi lebih kecil.

Sementara itu, tidak diketahui besar file update Genshin Impact 4.6 di konsol PlayStation 5 (PS5) dan PlayStation 4 (PS4). Duo konsol Sony ini baru dapat mengunduh update setelah maintenance server rampung.

Cara update Genshin Impact 4.6 di PC, gamer membuka aplikasi (launcher) Genshin Impact, kemudian mengeklik tombol "Game Pre-Installation Get Now" di sebelah kiri tombol "Launch".

Baca juga: Smartphone OnePlus 12R Edisi Genshin Impact Meluncur, Terinspirasi Karakter Keqing

Cara download update Genshin Impact 4.6 di PCSportskeeda Cara download update Genshin Impact 4.6 di PC
Di mobile, pembaruan bisa dilakukan dengan membuka Genshin Impact, lalu mencari menu "Settings" > "Resources" > "Pre-Install Resource Package".

Cara download update Genshin Impact 4.6 di mobile (iOS/Android)Sportskeeda Cara download update Genshin Impact 4.6 di mobile (iOS/Android)
Pengguna juga dapat menuju menu utama Genshin Impact lalu mengetuk ikon "Pre-Install Resource Package" > "Confirm", sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Sportskeeda, Selasa (23/4/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com