Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Docs dkk Dikeluhkan Tidak Bisa Dibuka sejak Kamis Malam

Kompas.com - 22/09/2023, 08:39 WIB
Yudha Pratomo,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna layanan Google Drive, seperti Google Docs, Google Sheet, dan Google Slides, mengeluh tidak bisa membuka layanan sejak Kamis (21/9/2023) malam.

Hal ini juga dirasakan salah satu tim KompasTekno. Ketiga layanan produk produktivitas Google tersebut tidak bisa diakses hingga Jumat (22/9/2023) pagi, sekitar pukul 08.00 WIB. Saat mengakses URL docs.google.com, muncul keterangan "Unable to connect", menandakan situs tidak bisa diakses.

Layanan Google Docs, Sheet, dan Slide, tidak bisa diakses pada Jumat (22/9/2023).KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Layanan Google Docs, Sheet, dan Slide, tidak bisa diakses pada Jumat (22/9/2023).

Hal yang sama juga terjadi ketika mengakses Google Sheet dan Slide. Layanan tetap tidak bisa diakses baik lewat peramban di desktop maupun aplikasi.

Baca juga: Kominfo Sudah Pulihkan Google Docs, Bukan Diblokir tapi Kesalahan Teknis

Begitu pula ketika mengubah jaringan ke beberapa operator seluler yang berbeda, layanan Google Docs dkk tetap tidak bisa diakses. Beberapa pengguna Google Docs dkk juga mengeluhkan kendala yang sama di platform mikroblogging X (dulu Twitter).

Pantauan KompasTekno, Jumat (22/9/2023) pagi, para pengguna masih tampak kesulitan membuka Google Docs. Bahkan, kata kunci Google Docs sampai menjadi trending topic di X Twitter.

Salah satu pengguna yang mengeluh adalah Vincent Herdison. Ia mengatakan bahwa dirinya tidak bisa mengakses Google Docs baik melalui internet seluler maupun Wi-Fi.

"Semuanya (tidak bisa)," kata Vincent kepada KompasTekno.

Ia juga mengungkap keluhan ini di Twitter melalui akun dengan handle @vincentpiano777. Bahkan menurut Vincent, layanan lain yaitu Google Forms dan Google Sheet juga tidak bisa diakses.

"Ini Google Sheet, Google Form milik saya terdampak semua. Tidak bisa diakses," tulis Vincent, disertai video bukti.

Selain Vincent, salah pengguna lain yang mengeluh adalah akun dengan handle @hapeje. Ia mengatakan bahwa Google Docs tidak bisa digunakan sejak pagi.

Pengguna lain yang melontarkan keluhan serupa adalah @Dekakb. Ia bahkan mengatakan harus menggunakan VPN agar dapat membuka layanan Google Docs.

Laporan sejak Kamis malam

Berdasarkan data di situs Downdetector.id, layanan Google Docs memang dilaporkan mengalami gangguan sejak Kamis (21/9/2023) malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Dari data tersebut, tampak bahwa gangguan ini masih dialaim pengguna hingga pukul 07.00 WIB pagi tadi.

Baca juga: AI Google Bard Bisa Lihat Data Gmail, Drive, dkk untuk Jawab Pertanyaan

Sempat diblokir Kominfo?

Sejumlah pengguna Twitter melaporkan bahwa nama Google Docs sempat masuk daftar blokir Kementerian Kominfo.

Dari beberapa tangkapan layar yang diunggah pengguna Twitter, alamat docs.google.com tampak terjaring mesin sensor internet AIS.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com