Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Phantom V Flip 5G Resmi, Ponsel Lipat Pertama Tecno dengan Layar Sekunder Bulat

Kompas.com - 22/09/2023, 14:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tecno meluncurkan ponsel lipat pertamanya, yakni Tecno Phantom V Flip 5G secara global di Singapura, Jumat (22/9/2023). Ponsel ini mengusung desain lipatan layar ala kerang alias clamshell, mirip Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Oppo Find N2 Flip.

Berbeda dengan ponsel lipat clamshell yang sudah hadir di pasaran, Phantom V Flip 5G ini memiliki layar sekunder (cover screen) berbentuk bulat. Cover screen ponsel ini mengusung layar AMOLED berukuran 1,32 inci dengan kerapatan piksel 352 ppi.

Cover screen Tecno Phantom V Flip 5G dibenamkan di tengah punggung ponsel, serta dikeliling modul dua kamera belakang yang berbentuk bulat juga. Adapun ketiga kamera belakang itu terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.7, PDAF) dan kamera ultrawide 13 MP, ditemani sebuah lampu flash LED.

Cover screen ponsel ini mendukung sejumlah fungsi seperti pratinjau foto, memutar musik, hingga membalas pesan. Layar sekunder ini juga mendukung sejumlah widget meliputi cuaca, dering, timer, rekaman suara, agenda, stopwatch, dan alarm.

Baca juga: Tecno Camon 20 Pro 5G: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Pengguna bisa menyesuaikan wallpaper cover screen dengan foto pilihan, Tmoji, 3D interactive virtual pets, dan lainnya.

Di bawah layar sekunder, Ada engsel dengan garis/lis silver dan embos bertuliskan "Phantom". Selain itu, punggung bagian belakang Phantom V Flip 5G mengusung material vegan leather (kulit).

Spesifikasi Phantom V Flip 5G

Tecno Phantom V Flip 5G hadir dalam pilihan warna Mystic Dawn dan Iconic Black. Ponsel lipat pertama Tecno ini rencananya segera dipasarkan di Indonesia.dok. Tecno Mobile Tecno Phantom V Flip 5G hadir dalam pilihan warna Mystic Dawn dan Iconic Black. Ponsel lipat pertama Tecno ini rencananya segera dipasarkan di Indonesia.
Tecno Phantom V Flip 5G memiliki layar utama dengan panel LTPO AMOLED 6,9 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.640 × 1.080 piksel), adaptif refresh rate 10-120 Hz, dan touch sampling rate 360 Hz.

Tecno mengeklaim, layar utama ini memiliki crease atau bekas lipatan yang samar. Layar utama ini juga memiliki kamera 32 MP yang dibenamkan dalam sebuah puch hole atau lubang kamera.

Baca juga: Tecno Kenalkan Konsep HP Layar Gulung Phantom Ultimate

Dalam keadaan terbentang, ponsel ini memiliki dimensi panjang 171,72 mm, lebar 74,05 mm, dan ketebalan 6,95 mm. Sementara saat terlipat, bodi ponsel memiliki dimensi panjang 88,77 mm, lebar 74,05 mm, dengan ketebalan 14,95 mm.

Di sektor dapur pacu, Phantom V Flip 5G ditenagai System-on-Chip (SoC) Dimensity 8050 (6nm), dipadukan dengan RAM 8 GB dengan fitur ekspansi RAM 8 GB. Tecno belum mengungkap varian penyimpanan media untuk ponsel ini.

Tecno Phantom V Flip 5G ditopang baterai 4.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat (fast charging) 45W. Dengan teknologi tersebut, daya ponsel dapat terisi 50 persen dalam 15 menit, atau terisi penuh 100 persen dalam waktu 45 menit.

Fitur lain yang dibawa ponsel ini meliputi dukungan jaringan 5G dan USB Type-C. Tecno Phantom V Flip 5G hadir dalam pilihan warna Mystic Dawn dan Iconic Black.

Harga Tecno Phantom V Flip 5G dibanderol sekitar 50.000 rupee atau sekitar Rp 9,2 juta di India.

Dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (22/9/2023) siang, ponsel lipat ini rencananya bakal dipasarkan di Indonesia.

"Setelah launching secara global, direncanakan produk TECNO Phantom V Flip juga akan segera hadir di Indonesia. Nantikan Informasi selanjutnya," tulis PR Manager Tecno Indonesia, Anthoni Roderick dalam keterangan resmi.

Bila benar demikian, Tecno Phantom V Flip 5G akan meramaikan pasar ponsel lipat clamshell di Indonesia, bersaing langsung dengan Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Oppo Find N2 Flip.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com