Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan Speaker di Oppo A38, Volume Bisa "Digenjot" 300 Persen

Kompas.com - 24/09/2023, 17:21 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Oppo A38 dibekali banyak fitur meski merupakan ponsel kelas menengah (mid-range). Salah satu fitur yang bisa dibilang menarik adalah Ultra Volume

Dengan fitur ini, pengguna ponsel tersebut bisa meningkatkan volume suara speaker lebih keras dari biasanya hingga level 300 persen. Biasanya, volume suara dari suatu perangkat hanya mentok di 100 persen saja. 

Karena suaranya lebih keras, maka pengguna bisa dengan mudah mendengar nada dering atau telepon masuk, hingga akan lebih mudah terbangun ketika mendengar suara alarm yang sangat kencang. 

Dalam pengujian KompasTekno, fitur atau mode Ultra Volume ini bisa dilakukan pada seluruh jenis suara, mulai dari suara musik atau video (Media), suara nada dering (Ring), notifikasi (Notification), hingga suara alarm (Alarm). 

Baca juga: Oppo A38: Harga dan Spesifikasi di Indonesia

Nah, cara mengaktifkan mode Ultra Volume di Oppo A38 terbilang cukup mudah. Pengguna hanya perlu menekan tombol volume atas ketika tingkat volume suara berada di level maksimal (100 persen). 

Cara mengaktifkan fitur Ultra Volume di HP Oppo A38.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengaktifkan fitur Ultra Volume di HP Oppo A38.

Jika berhasil, maka tingkat suara akan berubah dengan indikator tulisan "300%" dan pengguna akan diberikan informasi atau keterangan bahwa mode Ultra Volume sudah aktif. 

Perlu dicatat, mode Ultra Volume akan aktif untuk jenis suara yang sedang pengguna dengar. Apabila pengguna sedang mendengarkan musik, misalnya, maka Ultra Volume otomatis akan aktif di jenis suara Media. 

Baca juga: Selisih Rp 400.000, Ini Beda Spesifikasi Oppo A38 dan Oppo A58

Untuk menentukan jenis suara yang ingin ditingkatkan volumenya, maka pengguna bisa menekan tombol "tiga titik" yang tersusun secara horizontal. 

Kemudian, mereka bisa mengatur jenis suara yang ingin dikencangkan dengan cara menggeser besar volume ke angka "100%". 

Setelah itu, pengguna bisa langsung menekan tombol volume atas untuk mengaktifkan mode Ultra Volume di jenis suara tersebut. 

Sepengalaman KompasTekno, mode Ultra Volume memang bisa memberikan output suara yang lebih kencang dan jelas dibanding suara pada umumnya, terutama untuk memperbesar nada Ring, Notification, hingga Alarm. 

Namun, mode ini tampaknya kurang bagus untuk mode suara Media yang terbilang memiliki tingkatan nada bervariasi, lantaran efek suara speaker akan terkesan bising dan tidak enak didengar.

Nah, untuk menjajal mode Ultra Volume, pengguna bisa membeli Oppo A38 terlebih dahulu di toko online Oppo.com dengan harga Rp 2,1 juta (4 GB/128 GB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com