Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Alat untuk Menunjang Live TikTok biar Makin Banyak yang Nonton

Kompas.com - 24/09/2023, 18:03 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Live TikTok merupakan salah satu fitur dari TikTok yang memungkinkan pengguna melakukan live streaming untuk berbagai kebutuhan.

Mulai dari berbagi karya, ilmu, hingga dimanfaatkan sebagai para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)). Selain memperhatikan panduan, regulasi, dan syarat TikTok Live, kreator juga harus menyuguhkan live streaming yang menarik.

Salah satu upaya untuk membuat Live TikTok lebih menarik adalah dengan mengoptimalkan live streaming melalui beberapa alat penunjang TikTok Live.

Kreator yang menggunakan alat-alat penunjang live dapat membantu penyajian konten lebih menarik dan mengundang banyak penonton. Lantas alat-alat apa saja alat-alat untuk menunjang Live TikTok? Selengkapnya berikut ini ulasannya.

Baca juga: Cara Live Streaming TikTok via PC lewat TikTok Live Studio

Kamera

Ilustrasi kamera mirrorless full frame Nikon ZF.Nikon Ilustrasi kamera mirrorless full frame Nikon ZF.

Untuk menunjang siara langsung lebih menarik gunakanlah perangkat kamera dengan resolusi tinggi dan terbaik. Anda bisa mempertimbangkannya dengan menggunakan perangkat kamera langsung maupun memanfaatkan kamera ponsel. Pilih resolusi 1080p atau full HD agar video yang dihasilkan lebih tajam.

Ring Light

Ring lightwww.nfi.edu Ring light

Ring light adalah suatu perangkat pencahayaan yang digunakan dalam fotografi dan video untuk menghasilkan cahaya yang merata dan lembut pada objek atau subjek yang difoto atau direkam.

Perangkat ini memiliki bentuk cincin dengan lampu yang terletak di sekelilingnya, membentuk cahaya yang menyerupai cahaya alami. Ring Light merupakan perangkat yang sering ditemui para kreator untuk menunjang membuat konten.

Selain kamera dengan resolusi terbaik, Ring Light menjadi perangkat wajib penunjang TikTok Live yang wajib dimiliki untuk memaksimalkann konten.

Dengan Ring Light, pencahayaan saat live streaming lebih stabil dan konten yang disuguhkan lebih cerah dan maksimal. Ring Light sendiri bisa dibeli melalui online atau offline store dengan harga mulai Rp 50.000 hingga ratusan ribu rupiah.

Tripod

TripodFinding the Universe Tripod

Tripod merupakan perangkat penyangga tiga kaki yang digunakan untuk menjaga kamera atau perangkat fotografi lainnya, agar tetap stabil dan terjaga posisinya selama pengambilan foto atau perekaman video.

Tripod membantu mengurangi getaran atau goncangan yang dapat mempengaruhi hasil akhir dari foto atau video yang diambil. Kreator umumnya menggunakan Tripod untuk mengambil gambar atau video dengan sudut dan komposisi yang lebih tepat.

Tripod juga mudah dibeli di berbagai marketplace di Indonesia mulai dari harga Rp 150 ribuan. Tripod juga memiliki variasi fitur yang berbeda-beda sehingga pengguna bisa memilih jenis tripod sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com