Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google lewat HP, Mudah

Kompas.com - 24/09/2023, 18:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara menghapus riwayat pencarian di Google lewat HP (handphone) bisa dibilang merupakan salah satu panduan dasar mengoperasikan Google Search yang kiranya perlu diketahui pengguna.

Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap cara menghapus riwayat pencarian di Google lewat HP. Untuk diketahui, menghapus history Google biasanya dibutuhkan ketika pengguna hendak membersihkan data riwayat pencariannya di Google.

Baca juga: Cara Menjawab Soal Matematika dengan Google, Mudah Tinggal Foto

Sebagai informasi, data history Google itu berbeda dengan data history browsing. Riwayat pencarian di Google merupakan data jejak aktivitas penelusuran yang hanya dilakukan di website Google.com atau Google Search.

Data riwayat pencarian di Google tersimpan di akun Google. Sementara itu, history browsing adalah data jejak aktivitas penelusuran di semua website pada browser. Data history browsing tersimpan dalam aplikasi browser di HP.

Dengan demikian, saat pengguna melakukan pencarian di Google Search atau Google.com, semua riwayat penelusurannya akan tersimpan dalam dua wadah sekaligus yang berbeda, yaitu akun Google dan aplikasi browser di HP.

Lantaran wadah penyimpanannya berbeda, menghapus riwayat browsing di browser tidak serta merta membersihkan riwayat pencarian Google yang tersimpan di akun Google.

Ketika pengguna menghapus history browsing di browser HP, data history Google sejatinya masih tersimpan di akun Google. Jadi, untuk menghapus history Google atau riwayat pencarian Google, caranya bukan dengan menghapus riwayat browsing di browser .

Lantas, bagaimana cara menghapus riwayat pencarian di Google? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menghapus riwayat pencarian di Google lewat HP dengan mudah.

Baca juga: Cara Upload Video ke Google Drive melalui HP, Mudah dan Praktis

Cara menghapus riwayat pencarian di Google lewat HP

Untuk menghapus riwayat pencarian Google di HP, caranya bisa dibilang cukup mudah. Pengguna tinggal mengakses menu atau halaman daftar riwayat pencarian Google. Adapun cara menghapus riwayat pencarian di Google lewat HP adalah sebagai berikut:

  • Buka Google Search atau Google.com lewat aplikasi browser di HP.
  • Setelah terbuka, pastikan telah login akun Google pada website Google.com.
  • Jika sudah login, pada bagian paling bawah di halaman awal Google.com, silakan klik menu “Setelan” dan klik opsi “Histori Penelusuran”.
  • Kemudian, pengguna bakal disajikan dengan daftar semua riwayat penelusuran di Google.
  • Pada daftar itu, pengguna juga bakal disajikan dengan tiga opsi rentang waktu penghapusan history Google, yaitu menghapus riwayat di hari ini saja, di rentang waktu tertentu, atau di semua waktu.
  • Pilih salah satu opsi untuk menghapus riwayat pencarian Google dengan rentang waktu sesuai kebutuhan.
  • Pada daftar riwayat pencarian Google, pengguna juga bisa mengaktifkan fitur hapus otomatis. Pengguna dapat mengatur untuk menghapus secara otomatis riwayat pencarian yang sudah tersimpan lebih selama tiga bulan, 18 bulan, atau 36 bulan.

Ilustrasi cara menghapus riwayat pencarian di Google lewat HP.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghapus riwayat pencarian di Google lewat HP.

Cukup mudah bukan cara menghapus riwayat pencarian di Google lewat HP? Dengan cara di atas, pengguna bisa membersihkan history Google yang telah lama menumpuk atau tersimpan di akun Google.

Demikianlah penjelasan cara menghapus riwayat pencarian di Google lewat HP. Sebagai informasi tambahan, selain melalui HP, pengguna juga menghapus riwayat pencarian Google lewat laptop atau komputer.

Untuk menghapus riwayat pencarian Google lewat laptop atau komputer, caranya mirip dengan lewat HP. Pengguna perlu mengunjungi Google.com dengan telah login akun Google pada website tersebut.

Baca juga: 10 Game yang Bisa Dimainkan di Google, Gratis dan Dapat Dicoba saat Bosan Browsing

Kemudian, mengakses menu “Setelan” dan pilih opsi “Histori Penelusuran”. Di opsi tersebut, pengguna juga bisa menghapus riwayat pencarian Google sama seperti cara yang dilakukan lewat HP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com