Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Trik Rahasia Google yang Jarang Diketahui, Bisa Muncul Game dan Animasi Unik

Kompas.com - Diperbarui 12/09/2023, 10:57 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Google Search atau Google.com punya fungsi utama untuk menjelajah website dan mencari informasi. Akan tetapi, selain fungsi utama tersebut, terdapat trik rahasia Google yang jarang diketahui pengguna.

Trik rahasia Google ini bisa memunculkan game mini dan animasi unik. Game dan animasi unik rahasia di Google itu tak bisa diakses secara langsung.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Bard AI, Sekarang Bisa Pakai Bahasa Indonesia

Trik rahasia Google untuk memunculkan game dan animasi itu hanya dapat diakses dengan memasukkan kode khusus di Google Search.

Ada banyak game dan animasi unik yang bisa dijajal pengguna lewat trik rahasia Google. Bila tertarik untuk mencobanya, berikut adalah daftar trik rahasia Google yang bisa dipakai buat mengakses game dan animasi unik di Google Search.

Daftar trik rahasia Google

1. DVD screensaver

Easter egg Google dengan animasi yang mirip seperti pada DVD screensaver.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Easter egg Google dengan animasi yang mirip seperti pada DVD screensaver.

Pertama, coba googling kata “DVD screensaver” di Google.com. Hasilnya bakal terdapat animasi logo “Google” yang memantul-mantul di halaman pencarian. Animasi ini mirip dengan animasi pada screensaver perangkat pemutar DVD.

2. Google in 1998

Easter egg Google dengan animasi tampilan halaman Google.com di tahun 1998.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Easter egg Google dengan animasi tampilan halaman Google.com di tahun 1998.

Pengguna juga bisa googling kode rahasia “Google in 1998”. Saat hasil pencarian telah muncul, pengguna bakal disajikan dengan animasi halaman Google.com lawas yang ada dirilis pada 1998.

3. Marquee HTML

Ketiga, cobalah untuk mencari kata ini “Marquee HTML” di Google.com. Selanjutnya, pengguna bakal disajikan dengan animasi tulisan bergerak pada kolom jumlah hasil pencarian. Dalam kondisi baisa, tulisan jumlah hasil pencarian itu tak bergerak.

Animasi itu pada dasarnya mencerminkan konsep Marquee HTML. Untuk diketahui, Marquee HTML sendiri adalah perintah pada bahasa pemrograman HTML yang dapat membuat tulisan bergerak ke kanan, kiri, atas, atau bawah, secara otomatis.

4. Blink HTML

Selanjutnya, ada kode rahasia Google “Blink HTML”. Saat kode itu dicari di Google.com, pengguna bakal disajikan dengan animasi halaman hasil pencarian yang berkedip-kedip (blink). Beberapa teks pada halaman hasil pencarian akan berkedip otomatis.

Animasi berkedip itu juga merepresentasikan dari konsep Blink HTML. Untuk diketahui, Blink HTML sendiri adalah salah satu perintah pada bahasa pemrograman HTML untuk membuat teks di website berkedip.

5. Animasi Love

Easter egg Google animasi love.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Easter egg Google animasi love.

Kelima, pengguna bisa mengakses animasi berbentuk Love yang unik di Google Seach. Animasi love ini cukup unik karena bentuk Love tersebut dihasilkan dari representasi formula matematika pada sebuah diagram.

Pengguna bisa memasukkan formula matematika di bawah ini pada Google.com untuk mengakses animasi Love itu:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com