Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nio Phone Meluncur, HP Rp 15 Juta Bikinan Produsen Mobil Listrik China

Kompas.com - 25/09/2023, 09:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nio, produsen mobil listrik China turut meramaiakan pasar ponsel dengan meluncurkan smartphone bertajuk Nio Phone di Negeri Tirai Bambu.

Nio Phone dirilis di tengah performa bisnis kendaraan listrik Nio yang sedang lesu. Untuk itu, Nio menjajaki pasar smartphone kelas atas alias high-end.

Nio Phone diluncurkan untuk melengkapi ekosistem perusahaan. Disebut demikian, karena smartphone ini dirancang khusus untuk pemilik mobil listrik Nio.

Sejumlah fitur canggih yang menghubungkan smartphone dengan kendaraan juga tersedia, termasuk kemampuan untuk meminta mobil parkir mandiri secara otomatis di lokasi yang dipilih pengguna.

Smartphone ini juga dilengkapi tombol khusus pengendali mobil yang bisa menjalankan hingga 30 fitur yang terkait dengan pengoperasian mobil.

Baca juga: Mobil Listrik Xiaomi Tertangkap Kamera Saat Uji Coba di Jalan

Salah satu fiturnya yaitu mengunci atau membuka kunci mobil, berdasarkan jarak antara mobil dengan smartphone. Fitur ini bisa dijalankan berkat dukungan ultra-wideband (UWB).

Perusahaan bahkan mengeklaim pengguna Nio Phone bisa membuka kunci mobil, meski baterai mobil dalam keadaan habis.

Terlepas dari sejumlah fitur itu, Nio Phone tampil dengan seperti smartphone pada umumnya. Beberapa desainnya bahkan terlihat sepeperti ponsel flagship dari beberapa merek.

Layar Nio Phone misalnya, didesain dengan tepi melengkung seperti Samsung Galaxy S7 Edge. Kemudian punggung ponsel didesain dengan dua kelir tetapi warnanya senada seperti Google Pixel 2. Hanya saja, modul kameranya dibuat menonjol.

Nio Phone, smartphone bikinan produsen mobil listrik, NioNio Nio Phone, smartphone bikinan produsen mobil listrik, Nio

Pada aspek hardware, Nio Phone ditenagai dengan System on Chip (SoC) Snadragon 8 Gen 2. Chip ini dipadukan dengan tiga opsi RAM penyimpanan, meliputi 12/512 GB, 12 GB/1 TB dan 16 GB/1 TB.

Baca juga: Harga Mobil Listrik Bakal Lebih Murah berkat Qualcomm?

Smartphone ini juga dibekali baterai berkapasitas 5.200 mAh disertai dukungan fast charging kabel 66 watt dan nirkabel 50 watt. Selain itu, Nio Phone bisa mengisi daya perangkat lain dengan output 10 watt.

Pada aspek kamera, Nio Phone dilengkapi kamera utama 50 MP disertai fitur stabilisasi OIS, kamera telefoto periskop 50 MP yang juga didukung OIS, serta kamera ultrawide 50 MP.

Nio Phone berjalan dengan sistem operasi Android, tetapi perusahaan tidak menjelaskan versi Android yang digunakan. Adapun antarmukanya (UI) adalah antarmuka yang dikembangkan perusahaan, yaitu SkyUI, dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Senin (25/9/2023).

Harga Nio Phone

Nio Phone tersedia di China dalam tujuh warna antara lain Black, Gray, Pink, Gold, Green, Blue dan Dark Blue. Harga Nio Phone sebagai berikut:

Nio Phone 12/512 GB - 6.499 yuan (Rp 13,7 juta)
Nio Phone 12 GB/1 TB - 6.499 yuan (Rp 14,5 juta)
Nio Phone 16 GB/1 TB - 7.499 yuan (Rp 15,8 juta)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com