Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Teknologi WiFi 6 di Bandara Doha

Kompas.com - 25/09/2023, 10:31 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

DOHA, KOMPAS.com - Bandara Internasional Hamad (DOH) di Doha, Qatar dibekali dengan layanan internet wireless alias hotspot (WiFi) gratis untuk para tamu atau pelancong.

Yang menarik, bandara ini merupakan salah satu bandara di dunia yang memiliki teknologi WiFi terbaru, yaitu WiFi 6 (802.11ax).

Sederhananya, teknologi WiFi 6 diklaim lebih cepat dibanding teknologi sebelumnya (802.11ac/WiFi 5), serta memiliki jangkauan serta daya tampung yang lebih banyak.

Secara teori, WiFi 5 memiliki kecepatan transfer data mencapai 3,5 Gbps, sedangkan WiFi 6 memiliki kecepatan hingga 9,6 Gbps. 

Nah, KompasTekno berkesempatan menjajal teknologi WiFi 6 untuk pertama kalinya melalui jaringan hotspot "#HIA Qatar" di Bandara Internasional Hamad Doha.

Baca juga: Huawei Prediksi WiFi 6 Mulai Populer Tahun Ini

Hal ini dilakukan selagi kami sedang transit menunggu penerbangan ke Berlin, Jerman untuk menghadiri acara peluncuran Xiaomi 13T Series pada 26 September 2023.

Nah, dalam pengalaman menjajal WiFi 6 selama beberapa jam, kami bisa menyimpulkan bahwa teknologi ini tak memberikan pengalaman internet secepat yang kita perkirakan.

Pasalnya, dengan pengujian kecepatan melalui Fast.com, kami hanya mendapatkan kecepatan sekitar 512 Kbps hingga 1 Mbps, dan nyaris menyentuh angka 10 Mbps di beberapa titik tertentu.

Pengujian kecepatan internet WiFi 6 di Bandara Internasional Hamad Doha.KOMPAS.com/Bill Clinten Pengujian kecepatan internet WiFi 6 di Bandara Internasional Hamad Doha.

Hal ini terbilang cukup lambat, mengingat kecepatan maksimal yang ditawarkan teknologi WiFi 6 bisa mencapai 9,6 Gbps tadi.

Namun pada penggunaan sehari-hari, kecepatan internet WiFi 6 tentunya juga tak akan sebesar itu. Sebab, hal ini bergantung pada seberapa dekat pengguna dengan sumber WiFi, serta berapa banyak orang atau perangkat yang sedang memakai WiFi tersebut.

Baca juga: 5G Telkomsel Langsung Aktif Saat Mendarat di Bandara Lombok

Dengan kata lain, wajar saja apabila kecepatan internet di bandara Doha terbagi ke semua orang dan akhirnya menjadi lambat, mengingat banyak sekali pengunjung di Bandara Internasional Hamad Doha ketika kami sedang berada di sana.

Koneksi internet tak putus

Kendati lambat, kami mengakui bahwa jangkauan WiFi 6 yang diwakili dengan hotspot "#HIA Qatar" di Bandara Internasional Doha ini cukup luas.

Sebab, koneksi hotspot kami selama kami berada di bandara tersebut tak terputus sama sekali, meski kami sempat berkeliling ke beberapa penjuru dan area bandara yang bervariasi. 

Hal ini berbeda dengan Bandara Internasional Soekarno Hatta yang belum memakai teknologi WiFi 6. Di bandara tersebut, koneksi hotspot umum bandara kadang terputus apabila kita berpindah dari satu area ke area lainnya yang cukup jauh. 

Ilustrasi hotspot di Bandara Internasional Hamad Doha yang sudah dibekali teknologi WiFi 6.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi hotspot di Bandara Internasional Hamad Doha yang sudah dibekali teknologi WiFi 6.

Kembali lagi ke hotspot di Bandara Internasional Hamad Doha tadi, selain tak putus, kekuatan sinyal hotspot berteknologi WiFi 6 tersebut, untuk level terendah, juga berkisar di 2 bar saja (dari maksimal 4 bar).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com