Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Sudah Siapkan Galaxy S25, Ini Buktinya

Kompas.com - Diperbarui 26/09/2023, 07:01 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung disinyalir sedang menyiapkan ponsel flagship Galaxy S24 series sebagai penerus Galaxy S23 series yang diluncurkan Februari lalu.

Meski Galaxy S24 series belum diperkenalkan, perusahaan asal Korea Selatan itu juga diketahui tengah mempersiapkan penerusnya, Galaxy S25 series.

Indikasinya terlihat dari dokumen permohonan pendaftaran merek dagang "Galaxy S25" yang diajukan Samsung. Laporan itu awalnya tersebar di forum pengguna smartphone Samsung Galaxy atau disebut GalaxyClub.

Dokumen itu diajukan ke Mexican Institute of Industrial Property (IMPI) pada tanggal 12 September lalu. Tujuannya, agar merek Galaxy S25 masuk dalam kekayaan intelektual "kelas 9".

Adapun deskripsinya dijelaskan dalam teks berbahasa Spanyol "teléfonos inteligentes" atau berarti smartphone alias ponsel pintar.

Pengajuan merek dagang Samsung Galaxy S25Samsung Pengajuan merek dagang Samsung Galaxy S25

Pengajuan merek dagang untuk sebuah ponsel, sebenarnya adalah aktivitas biasa bagi Samsung atau produsen smartphone lainnya.

Namun dalam kasus Galaxy S25 ini, pengajuannya terbilang lebih cepat dibanding sebelumnya. Pasalnya, smartphone Galaxy S25 itu kemungkinan baru akan meluncur tahun 2025 atau dua tahun lagi.

Biasanya, Samsung mendaftarkan merek dagang perangkat beberapa bulan atau setahun sebelum perangkat terkait diluncurkan.

Selain itu, Samsung juga biasanya mendaftarkan merek dagang di Inggris, Eropa, atau Korea Selatan terlebih dahulu, baru disusul wilayah lainnya. Namun, untuk Galaxy S25 ini dilakukan di Meksiko.

Kendati demikian, perubahan ini tidak berdampak signifikan karena merek dagang yang sama akan segera muncul di pasar lainnya. 

Baca juga: Fitur Baru di Android 14 Ini Ditiru Google dari Samsung

Bukan hanya Galaxy S25, Samsung juga sudah mengajukan merek dagang "Galaxy Z Fold 7". Padahal, smartphone lipat ini juga kemungkinan rilis 2025, mengingat Galaxy Z Fold 5 baru meluncur Agustus lalu dan Galaxy Z Fold 6 kemungkinan akan rilis tahun depan.

Terlepas dari pengajuan merek dagang itu, dokumen tersebut hanya menginformasikan nama perangkat saja. Jadi, informasi lainnya termasuk desain hingga spesifikasi teknis ponsel belum diketahui, dihimpun KompasTekno dari SamMobile, Senin (25/9/2023).

Yang jelas, smartphone flagship Samsung itu akan hadir dengan spesifikasi yang meningkat dibanding pendahulunya, utamanya pada aspek teknis pendukung performa seperti chipset maupun kameranya.

Adapun dalam waktu dekat Samsung dikabarkan akan meluncurkan Galaxy S23 FE, alias Galaxy S23 versi terjangkau. Bocoran informasi soal smartphone ini juga cukup banyak beredar di internet, meliputi desain perangkat maupun speknya.

Desain Samsung Galaxy S23 FE konon bakal ditenagai Snapdragon 8 Gen 1 atau chipset bikinan Samsung, Exynos 2200 dengan RAM 6/8 GB dan storage (ruang penyimpanan) 128/256 GB.

Baca juga: Inikah Tampang Samsung Galaxy S23 FE yang Segera Dirilis?

Ponsel ini konon dilengkapi kamera utama 50 MP yang disertai penstabil gambar (OIS), kamera ultrawide 8 MP, kamera tele 12 MP, dan kamera selfie 10 MP.

Smartphone ini juga sudah muncul di laman sertifikasi Postel SDPPI Kominfo (Pos dan Telekomunikasi dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika) dalam sertifikat bernomor 93449/SDPPI/2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com