Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Murah Samsung Galaxy A05 Segera Rilis di Indonesia?

Kompas.com - Diperbarui 20/09/2023, 11:23 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Samsung bakal makin meramaikan pasar ponsel Rp 1 jutaan di Indonesia. Pasalnya, Galaxy A05, ponsel murah baru dari Samsung, tampaknya bakal segera dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat.

Ponsel ini menjadi penerus Galaxy A04 yang sudah dirilis di Indonesia pada Oktober tahun lalu dengan banderol harga mulai Rp 1,5 juta.

Indikasi Samsung Galaxy A05 segera rilis di Indonesia muncul dari laman sertifikasi Postel SDPPI Kominfo (Pos dan Telekomunikasi dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika).

Pantauan KompasTekno, Selasa (19/9/2023), Samsung Galaxy A05 terdaftar dalam sertifikat bernomor 93489/SDPPI/2023. Sertifikat ini diajukan oleh PT Samsung Electronics Indonesia pada 13 September 2023.

Dalam rincian sertifikat, tercantum perangkat perangkat bernomor model "SM-A055F" memiliki nama pemasaran "Galaxy A05".

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Galaxy A05, HP Murah Berikutnya dari Samsung

Samsung Galaxy A05 dengan nomor model SM-A055F terdaftar di laman Postel, mengindikasikan bahwa ponsel ini segera masuk Indonesia.Postel Ditjen SDPPI Kominfo Samsung Galaxy A05 dengan nomor model SM-A055F terdaftar di laman Postel, mengindikasikan bahwa ponsel ini segera masuk Indonesia.
Sertifikat Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi vendor sebelum menjual perangkat elektronik di Indonesia. Dengan kata lain, bisa dibilang, Samsung S23 FE siap masuk dan dijual di Indonesia.

Bila akurat, Galaxy A05 ini bakal menjadi penerus Galaxy A04 yang telah dipasarkan di Indonesia pada Oktober 2022.

Bocoran spesifikasi Galaxy A05

Bocoran spesifikasi Galaxy A05 sudah bertebaran di internet. Menurut rumor yang beredar, ponsel ini bakal membawa desain sisi-sisi bodi datar, mirip Galaxy A34.

Layar ponsel ini diyakini mengusung resolusi HD Plus dan masih dihiasi poni berbentuk tetesan air (waterdrop).

Galaxy A05 konon diotaki prosesor MediaTek Helio G85, dipadukan dengan RAM 4 GB. Bocoran spesifikasi lainnya meliputi dual kamera dengan kamera utama 50 MP, baterai 5.000 mAh, WiF, 5, serta jaringan 4G.

Ponsel ini disinyalir akan menjalankan serta sistem operasi Android 13 dilapisi antarmuka OneUI 5 dengan versi yang lebih baru, atau bahkan OneUI 6 secara bawaan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Selasa (19/9/2023).

Namun, perlu dicatat, spesifikasi di atas masih berupa bocoran semat. Samsung belum memberikan informasi resmi soal kehadiran Galaxy A05 ke pasar global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com