Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Rilis Galaxy S23 Khusus Militer, Punya Mode Siluman

Kompas.com - 22/09/2023, 13:00 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Samsung meluncurkan dua ponsel tangguh yang masuk dalam kategori Tactical Edition. Kedua perangkat itu adalah Galaxy S23 Tactical Edition dan Galaxy XCover6 Pro Tactical Edition.

Edisi khusus dari Galaxy S23 ini berbeda dengan versi “reguler” yang ada di pasaran. Sebab, Samsung Galaxy S23 Tactical Edition dan XCover 6 Pro Tactical Edition didesain sebagai ponsel khusus militer.

Kedua ponsel ini dirancang agar tangguh dan bisa bertahan di berbagai medan untuk mendukung aktivitas dari kalangan militer.

Samsung Galaxy S23 Tactical Edition dan XCover 6 Pro Tactical Edition ini mengantongi sertifikasi MIL-STD-810H. Artinya, perangkat sudah lolos setidaknya 29 tes militer tingkat tinggi.

Rangkaian tes yang diuji coba mencakup ujian ketahanan air, guncangan/getaran, cuaca ekstrem, tekanan tinggi dan rendah, suhu panas dan dingin, ketinggian, tahan garam, debu, dijatuhkan dari ketinggian 1 meter tanpa kasing pelindung, dan masih banyak lagi.

Samsung Galaxy S23 Tactical Edition juga hadir dengan kasing pelindung yang dirancang khusus militer. Kasing diklaim kokoh dan dapat dipasangkan ke dada atau lengan bawah pengguna.

Baca juga: Inikah Tampang Samsung Galaxy S23 FE yang Segera Dirilis?

Samsung Galaxy S23 Tactical EditionSamsung Samsung Galaxy S23 Tactical Edition

Samsung Galaxy S23 Ultra Tacitical Edition dan XCover 6 Pro Tactical Edition dibekali dengan serangkaian fitur untuk menunjang operasi militer.

Salah satunya adalah mode penglihatan malam (Night Vision Mode). Fitur ini dapat dipakai untuk mengakomodasi penggunaan Night Vision Optic saat operasi dilakukan dalam kondisi minim cahaya.

Kedua perangkat ini juga memiliki fitur sensitivitas layar otomatis. Dengan fitur ini, anggota militer dapat mengoperasikan layar meski menggunakan sarung tangan.

Kelebihan lainnya, Samsung Galaxy S23 dan Galaxy XCover6 Pro Tactical Edition dibekali GPS eksternal agar pelacakan titik lokasi bisa lebih akurat di lapangan.

Perangkat juga dapat terhubung dengan kamera drone guna meningkatkan efektivitas misi. Selain itu, Samsung Galaxy S23 dan Galaxy XCover6 Pro Tactical Edition dibekali dukungan radio taktis atau radio komunikasi khusus militer dengan protokol tinggi agar komunikasi terjamin aman.

Meski dirancang khusus militer, Samsung Galaxy S23 dan Galaxy XCover6 Pro Tactical Edition juga bisa terhubung dengan jaringan seluler konvensional, termasuk Bluetooth, Wi-Fi, CBRS (Citizen Broadband Radio Service), dan LTE (jaringan 4G atau Long-Term Evolution).

Smartphone tangguh ini menawarkan fitur Stealth Mode (Mode Siluman) untuk menonaktifkan semua konektivitas, dari jaringan seluler, GPS, bahkan jaringan e-911 (Enhanced-911, layanan panggilan darurat yang dipakai Amerika Utara) hingga ke level hardware.

Fitur ini dapat diaktifkan untuk menghindari ponsel disadap atau meningkatkan keamanan berkomunikasi antar-tim.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Z Flip 5: Layar Depan Lebih Besar Serba Bisa

Tampilan layar depan dan belakang dari Galaxy XCover 6 Pro edisi TacticalGSM Arena Tampilan layar depan dan belakang dari Galaxy XCover 6 Pro edisi Tactical

Kedua ponsel pun dibekali aneka aplikasi khusus, yaitu Android Team Awarness Kit (ATAK) dan Battlefield Assisted Trauma Distributed Observation Kit (BATDOK). ATAK berfungsi memberi informasi seputar formasi tanah, navigasi, hingga menyediakan fitur berbagi data.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com