Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset: Netflix dan Apple Punya Konsumen Paling Setia

Kompas.com - 26/09/2023, 19:15 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah riset yang meneliti tentang kesetiaan pelanggan terhadap brand, menunjukkan bahwa Netflix dan Apple merupakan dua perusahaan yang memiliki konsumen paling loyal alias setia.

Berdasarkan riset tersebut, Netflix menempati peringkat pertama, sementara Apple berada di posisi kedua.

Riset tersebut dipublikasi oleh Bionic, sebuah firma hukum, teknologi, dan energi di Inggris. Bionic menggunakan metodologi beraneka fungsi (mulifaceted methodology).

Dalam riset ini, pengumpulan data responden dibantu menggunakan YouGov, perusahaan jajak pendapat (polling) di Inggris, disertai dengan data permintaan pencarian dan statistik di media sosial.

Menurut Bionic, posisi Netflix yang lebih tinggi ketimbang Apple bukanlah sesuatu yang mengejutkan. Netflix unggul dan meraih skor 0,72 poin untuk brand awareness, 2,98 poin di aspek kesetiaan (loyalty), 4,35 poin impresi, dan 3,62 poin reputasi.

Sementara Apple dalam mendapat poin reputasi 2,62, impresi 1,15, dan aspek loyalty 2,62. Dari berbagai macam aspek di atas, Apple unggul di aspek awareness, yakni sebesar 0,82 poin.

Baca juga: Pengguna iPhone Vs Android, Mana yang Lebih Setia?

Perusahaan teknologi lain di bawah Apple yaitu Amazon yang berada di peringkat ketiga dan Microsoft peringkat ke-11.

Dari data keseluruhan, Bionic hanya merinci 20 brand yang memiliki pengguna paling setia. Kendati begitu, dalam laporannya, firma hukum dan teknologi itu juga menyinggung skor dari Samsung yang berada di peringkat ke-24.

Walau posisinya berada cukup jauh dengan Apple, perusahaan asal Korea Selatan ini mengalahkan Apple di salah satu aspek. Samsung unggul di aspek brand awareness dengan skor 1,01 poin, sedangkan Apple berada di angka 0,82 poin.

“Ketika berbicara soal kesetiaan terhadap brand, Samsung mengalahkan Apple di (aspek) awareness, dengan masing-masing skor 1,01 poin dan 0,82 poin,” tulis Bionic dalam laporannya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Apple Insider, Selasa (26/9/2023).

Bionic mencatat Apple berhasil unggul karena punya nilai skor yang lebih tinggi di beberapa aspek krusial. Seperti aspek reputasi, kesan, dan stabilitas merek. Skor yang diraih Apple dan Samsung, yakni 2,62 poin berbanding 1,15 poin.

“Namun, saat beralih ke reputasi dan impresi, peringkat Apple secara signifikan lebih tinggi dari kompetitor asal Korea Selatannya, yang jatuh di aspek stabilitas dengan skor 1,15 poin, sedangkan Apple 2,62 poin,” tambah Bionic.

Bionic juga menampilkan laporan pendukung lainnya. Menurut laporan tersebut sebanyak 92,6 persen pengguna iPhone berencana tetap mempertahankan ponselnya, sedangkan 74,6 persen pengguna Samsung mengaku tetap mempertahankan perangkatnya.

Baca juga: Netflix Hadirkan Layanan Streaming Game di TV dan Web

Temuan serupa lainnya juga datang dari Consumer Intelligence Research Partners (CRIP). Apple tercatat memiliki jumlah pelanggan paling setia di Amerika Serikat (AS). Perusahaan juga mampu membuat pengguna Android beralih ke iPhone.

Terlepas dari sejumlah laporan yang ada, persaingan antara Samsung dan Apple memang cukup ketat. Keduanya sama-sama mendominasi pangsa pasar smartphone secara global.

Menurut data IDC (International Data Corporaion) pada kuartal II-2022 yang diunggah Agustus 2023, Samsung berada di peringkat pertama dengan market share 20 persen, sedangkan Apple 16 persen. Adapun pertumbuhan tahunan (YoY/year-on-year), Samsung turun sebesar 15,2 persen, sedangkan Apple turun 2 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com