Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Langka, Bos Huawei Puji Apple dan Mengaku Fanboy

Kompas.com - Diperbarui 26/09/2023, 08:14 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendiri sekaligus CEO Huawei, Ren Zhengfei secara terang-terangan mengaku sebagai penggemar produk Apple alias "Apple Fanboy". Hal itu disampaikan Zhengfei secara terbuka di muka umum, tepatnya di acara International Collegiate Programming, kompetisi programming yang disponsori oleh Huawei bulan lalu.

Bukan cuma itu, Zhengfei juga tak segan memuji produk dari perusahaan asal Cupertino, California, Amerika Serikat (AS) itu. Zhengfei mengatakan, dia dan timnya kerap bertanya-tanya rahasia di balik kualitas produk Apple.

"Saya benar-benar senang memiliki Apple sebagai mentor, memberi kami pengalaman tidak ternilai untuk belajar dan membandingkan. Dalam kesempatan ini, rasanya tidak berlebihan jika menyebut saya sebagai penggemar (produk) Apple,” kata Zhengfei, dihimpun KompasTekno dari Giz China, Senin (25/9/2023).

Zhengfei juga bercerita bahwa putrinya turut menggunakan produk Apple saat masih berkuliah di AS. Kala itu, anak bungsunya, Annabel Yao merupakan mahasiswi di Harvard University pada 2016 hingga 2020.

Baca juga: Ponsel Lipat Huawei Mate X5 Meluncur, Mirip X3 tapi Lebih Bertenaga

Di industri teknologi dan pada umumnya, sangat langka ditemui seorang petinggi perusahaan menyebut, memuji, bahkan menyatakan ketertarikannya terhadap produk kompetitor secara terbuka, seperti yang dilakukan Zhengfei kepada Apple.

Pernyataan Zhengfei seolah menjadi "oasis" di tengah panasnya hubungan AS-China, terutama tentang Huawei, yang sudah terjadi selama bertahun-tahun. Bahkan, baru-baru ini, Huawei kembali mendapatkan tekanan dari AS, gara-gara smartphone Mate 60 Pro.

Baca juga: Kesan Pertama Hands-on Huawei Mate 60 Pro Plus, HP China yang Bikin Geger Amerika

Pasalnya, ponsel itu diduga menggunakan System-on-Chip (SoC) yang memakai teknologi AS. Saat dirilis Agustus lalu, Huawei tidak menyebutkan SoC apa yang disematkan ke Mate 60 Pro.

Akan tetapi, perusahaan riset Tech Insight meyakini bahwa smartphone anyar itu ditenagai Kirin 9000s dengan fabrikasi 7 nanometer (nm) serta mendukung konektivitas 5G.

Chip itu dirancang oleh Huawei, bekerja sama dengan pabrikan semikonduktor China, Semiconductor Manufacturing International Corp (SMIC). Chip itu juga disebut sebagai chip pertama dari SMIC yang dirancang dengan desain fabrikasi 7 nm.

Pasalnya, chip paling canggih terakhir kalinya yang pernah dibuat SMIC adalah chip 14 nm. Untuk informasi, semakin kecil fabrikasi, maka semakin canggih pula SoC tersebut karena mampu menampung banyak transistor.

Kecanggihan itu lah yang membuat pemerintah AS curiga, bahwa Huawei dan SMIC, menggunaan teknologi AS untuk mengembangkan chip tersebut. AS sesumbar, Huawei tak mampu membuat chip canggih tanpa teknologi AS.

Di sisi lain, Huawei dan SMIC sudah masuk daftar hitam (entity list) yang membuat keduanya tidak bisa sembarangan menggunakan teknolog AS, kecuali atas izin Departemen Perdagangan AS.

Tak hanya membuat pemerintah AS naik pitam, DPR AS, Mike Gallagher juga menyerukan untuk melarang sepenuhnya ekspor teknologi apa pun yang berkaitan dengan Huawei dan SMIC.

Baca juga: Huawei Tak Bisa Bikin Chip Canggih Tanpa Teknologi Amerika

Pendiri sekaligus CEO Huawei, Ren ZhengfeiSouth China Morning Post (SCMP) Pendiri sekaligus CEO Huawei, Ren Zhengfei

Bukan pujian pertama

Pujian Zhengfei terhadap Apple sebenarnya bukan yang pertama kali. Tahun 2019 lalu, di tahun yang sama ketika Huawei masuk daftar hitam, Zhengfei juga pernah mengatakan bahwa Apple adalah panutan Huawei dalam hal privasi di produknya.

Ia juga pernah mengatakan bahwa Huawei harus belajar dari Apple dalam hal strategi penetapan harga, sebagaimana dihimpun dari South China Morning Post.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com