Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Langsung Xiaomi 13T di Berlin, HP Cantik dengan Kamera Leica

Kompas.com - Diperbarui 27/09/2023, 08:14 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

BERLIN, KOMPAS.com - Xiaomi memperkenalkan ponsel terbarunya yang dibekali dengan kamera Leica, yakni Xiaomi 13T series pada Selasa (26/9/2023) di Verti Music Hall, Berlin, Jerman.

Jurnalis Kompas.com Bill Clinten yang hadir langsung di acara peluncuran tersebut, berkesempatan mencoba Xiaomi 13T versi "reguler" dan merasakan pengalaman menggenggam ponsel tersebut untuk pertama kali.

Tampilan cantik

Secara tampilan, Xiaomi 13T memiliki visual yang cantik.

Bagian belakang atau cangkang ponsel ini, terutama untuk varian warna Alpine Blue (biru laut), mengadopsi material kulit sintetis berjenis vegan leather yang disebut dengan Xiaomi BioComfort.

Dengan material ini, punggung ponsel akan terasa kesat karena memiliki tekstur kulit, terkesan mewah, dan serta akan tetap bersih karena tidak meninggalkan bekas sidik jari. 

Xiaomi 13T sendiri memiliki tiga varian warna, yaitu Meadow Green (hijau), Alpine Blue, dan Black (hitam). Untuk warna Meadow Green dan Black, cangkangnya tak mengadopsi material kulit, melainkan material polikarbonat namun dengan lapisan mengilap seperti kaca. 

Masih di bagian belakang, logo "Leica" berwarna putih juga tertera di sana. Tulisan ini menandakan bahwa teknologi kamera Xiaomi 13T dirancang bekerja sama (co-engineered) dengan pabrikan kamera asal Jerman, Leica.

Ilustrasi modul kamera belakang Xiaomi 13T.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi modul kamera belakang Xiaomi 13T.

Nah, di dalam modul kamera berwarna hitam ini, terdapat tiga buah kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.9, Sony IMX707, OIS), kamera telefoto 50 MP (f/1.9), dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2). Ketiga kamera ini juga ditemani dengan satu buah modul LED flash. 

Selain bagian belakangnya, bagian bingkai (frame) Xiaomi 13T juga terlihat mewah karena memiliki material mirip yang dipoles sedemikian rupa hingga terlihat seperti aluminum. Padahal, material bingkai perangkat ini adalah polikarbonat.

Enak digenggam, tidak licin

Desain bingkai perangkat ini, yang mengusung bentuk datar (flat) yang seakan menyatu dengan lekukan cangkang ponsel, juga membuat Xiaomi 13T cukup enak digenggam berlama-lama karena tidak akan licin.

Menyoal bingkai, seluruh sisi frame Xiaomi 13T juga turut dilengkapi dengan beberapa tombol, sensor, serta beberapa lubang esensial. 

Ilustrasi kelengkapan lubang dan konektor di bagian bingkai bawah Xiaomi 13T.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi kelengkapan lubang dan konektor di bagian bingkai bawah Xiaomi 13T.

Di bagian bingkai bawah perangkat, terdapat lubang speaker, konektor USB-C, lubang mikrofon, serta laci kartu SIM yang mendukung dua kartu SIM berjenis nano.

Kemudian pada bagian bingkai atas perangkat, terdapat lubang speaker, lubang mikrofon, dan sensor IR Blaster.

Pada bagian bingkai kanan Xiaomi 13T, terdapat tombol volume dan power. Berbeda dengan bingkai kanan, bagian kiri bingkai ponsel ini bersih dan tidak dihiasi dengan lubang, tombol, atau sensor apapun.

Ringan dibawa-bawa

Secara pengalamaan pemakaian, Xiaomi 13T bisa dibilang mudah dibawa bepergian. Sebab, ponsel ini terbilang cukup ringan dan tipis dengan bobot 193 gram dan dimensi ketebalan 8,62 mm (khusus varian Alpine Blue). 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com