Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Masalah iPhone 15 yang Banyak Dikeluhkan

Kompas.com - Diperbarui 02/10/2023, 09:28 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Mashable

KOMPAS.com - iPhone 15 series sudah bisa dibeli langsung dari Apple Store sejak 22 September lalu. Sejak saat itu, sejumlah pengguna melaporkan adanya masalah iPhone 15 series.

Masalah itu tidak hanya dialami pengguna iPhone 15 dan iPhone 15 Plus, melainkan juga iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max sebagai model tertinggi iPhone 15 series.

Salah satu masalah yang baru-baru ini dilaporkan adalah masalah cacat desain duo iPhone 15 Pro. Beberapa pengguna mendapati warna pada penampang iPhone 15 Pro yang berbahan titanium tidak merata.

Ada pula pengguna yang melaporkan layar iPhone 15 Pro agak miring atau kurang sejajar dengan tepi ponsel. Selain itu, ada lagi beberapa masalah iPhone 15 yang dilaporkan sejumlah pengguna.

Bodi panas

Sejumlah pengguna iPhone 15 mengeluhkan bodi ponsel yang panas berlebih. Kondisi itu terjadi ketika pengguna memainkan game mobile secara intens.

Menurut pengguna lainnya, suhu iPhone 15 juga panas berlebih ketika ponsel dipakai untuk video berkualitas 4K secara intens.

Kedua aktivitas itu memang terbilang berat ketika dijalankan di ponsel. Namun demikian, ada pula laporan dari pengguna iPhone 15 yang menyebutkan bahwa suhu ponsel tinggi sehingga terasa panas dan tidak nyaman ketika dipakai untuk bertelepon.

Bahkan ada pula pengguna yang melaporkan bahwa iPhone 15 panas ketika baterainya sedang diisi ulang, seperti disampaikan oleh pengguna bernama Ian Zelbo di X (dulu Twitter). 

Outlet media Android Authority juga menguji bagaimana suhu iPhone 15 Pro dibandingkan dengan Samsung Galaxy S23 Ultra dan Pixel 7 Pro. Hasilnya, iPhone 15 Pro memang menghasilkan suhu yang lebih tinggi dibanding dua flagship Android dalam pengujian itu.

Menurut analis yang kerap membocorkan produk Apple, Ming-Chi Kuo, panas berlebih itu kemungkinan disebabkan oleh desain termal iPhone 15 yang dikorbankan demi mencapai bobot ponsel yang ringan.

Adapun Apple belum memberikan solusi masalah ini. Namun ada kemungkinan perusahaan itu menggulirkan pembaruan untuk mengatasi suhu iPhone 15 yang panas.

Baca juga: iOS 17.0.2 Dirilis, Tidak Cuma untuk iPhone 15

Bug saat transfer data iPhone lama

Sejumlah pengguna melaporkan iPhone 15 stuck ketika memproses transfer data dari iPhone lama. Perangkat itu hanya menampilkan logo Apple.

Masalah itu bahkan terjadi sepekan setelah peluncuran iPhone 15 series.

Rupanya masalah itu disebabkan oleh sebuah bug. Apple kemudian memperbaiki masalah itu lewat pembaruan iOS 17.0.2 yang sudah tersedia untuk diunduh pengguna iPhone 15 dan iPhone lain yang mendukung iOS 17.

iOS lambat

Sejumlah pengguna mengeluhkan iPhone 15 lemot saat dioperasikan. Salah satunya pengguna dengan akun dengan handle @ChrisPirillo yang membagikan pengalamannya di X.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com