Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Pemakai iPhone 15 Pro Max Ngeluh "Overheat", Sarankan Pakai Casing

Kompas.com - 27/09/2023, 10:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna iPhone 15 Pro Max mengeluhkan smartphone-nya mengalami panas berlebihan (overheat), ketika digunakan.

Keluhan ini disampaikan lewat berbagai platform, termasuk media sosial X (dahulu Twitter) dan forum Apple.

Salah satu pengguna X dengan handle @its_shevi mengeklaim bahwa iPhone 15 Pro Max miliknya cepat panas, bahkan ketika digunakan untuk scrolling membuka-buka media sosial.

"iPhone 15 Pro Max cepat panas. Saya hanya menjelajahi media sosial, dan smartphone ini seolah-olah terbakar," tulisnya dalam sebuah posting.

Pengguna tersebut kemudian memberikan komentar lanjutan terkait isu overheat yang dialami ponselnya itu.

"Kalian berpikir saya bercanda, tapi saya benar-benar serius. Apple harus mencari solusi untuk isu ini secepatnya," katanya.

"Saya sudah sering melakukan upgrade dari satu iPhone ke iPhone yang lebih baru, tapi saya belum pernah mengalami masalah overheat seperti ini," imbuh @its_shevi.

Pengguna lainnya dengan handle @GadgetsBoy juga mengalami hal yang sama. Karena panas yang berlebihan ini, ia merasa bahwa pengguna wajib menggunakan casing iPhone.

"iPhone 15 Pro Max bisa mengalami panas yang berlebihan, Anda pastinya butuh casing smartphone. Anda tidak harus menjalankan aktivitas yang intensif, dan iPhone tersebut akan menjadi panas. Semoga Youtuber favorit Anda membicakan isu ini," katanya.

Isu overheat ini dialami pula oleh staf situs berita Apple bertajuk 9to5Mac, Ian Zelbo. Dalam postingnya di X, Zelbo mengatakan smartphone-nya terlalu panas untuk dipegang ketika sedang dicas.

"iPhone 15 Pro Max saya hampir terlalu panas untuk dipegang, ketika sedang dicas dengan teknologi fast charging," ungkapnya.

Zelbo mengira orang-orang yang mengalami hal yang sama, awalnya hanya melebih-lebihkan isu panas iPhone 15 Pro Max. Namun, ia mengaku perkiraannya salah, karena isu panas itu memang seburuk yang dikatakan orang-orang.

Kemudian, Zelbo memberikan observasi lanjutannya, terkait isu overheat untuk smartphone yang digunakannya.

"Menariknya ketika dipegang, bagian kiri dan belakang kiri smartphone terasa paling panas. Lokasi ini sejajar dengan logic board ponsel (komponen yang memuat CPU dan chip sirkuit terintegrasi yang mengontrol operasi telepon)," tulis Zelbo.

"Setelah melewati persentase baterai 70 persen, suhu ponsel menurun secara signifikan (tetap panas tapi masih nyaman dipegang). Suhu paling panas terjadi ketika baterai smartphone berada di sekitar 25 hingga 60 persen," lanjutnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com