Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya USB C, Bolehkah iPhone 15 Di-charge dengan Kabel Android?

Kompas.com - 26/09/2023, 10:46 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Setelah Apple bertahan dengan konektor Lightning di lini ponselnya sejak 2012, jajaran iPhone 15 terbaru akhirnya beralih menggunakan konektor USB tipe C yang sudah lama dipakai oleh smartphone Android.

Selain bisa bertukar kabel dengan iPad dan MacBook karena sekarang memakai konektor yang sama, iPhone 15 pun dapat diisi baterainya dengan kabel milik ponsel Android.

Bahkan, iPhone 15 bisa mengisi daya ponsel Android, Airpods, atau aksesori lain lewat reverse charging dengan cara menancapkan kabel USB C ke USB C di kedua perangkat.

Baca juga: Sejumlah iPhone 15 Pro Cacat Desain, Layar Miring dan Warna Tak Rata

Meskipun mempermudah hidup pengguna iPhone, belakangan muncul kekhawatiran soal pengisian baterai iPhone dengan USB C, khususnya jika menggunakan kabel selain bikinan Apple.

Hal itu dipicu oleh sejumlah toko ritel di China yang dilaporkan mengimbau pengguna iPhone 15 untuk tidak mengisi baterai perangkatnya dengan "kabel Android".

Alasannya, seperti dilaporkan oleh sebuah media lokal China, adalah karena perbedaan konstruksi kabel yang bisa berujung pada overheating.

Tak jelas apa yang dimaksud dengan "kabel Android". Sebab, USB C bukan hanya digunakan oleh ponsel Android saja, melainkan juga semua jenis perangkat lain mulai dari PC desktop, laptop, hingga aksesori seperti mikrofon, keyboard, mouse, dan SSD eksternal.

Sebagian netizen di China menanggapi imbauan toko-toko ritel itu sebagai upaya menakut-nakuti saja agar bisa lebih banyak menjual kabel USB C bikinan Apple. Sebab, kabel dari Apple dihargai lebih mahal dibanding pabrikan lain.

Baca juga: iPhone 15 Pro Max Retak Saat Dibengkokkan dengan Tangan Kosong

Apple sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait aman atau tidaknya menggunakan kabel USB C pihak ketiga dengan iPhone 15.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Selaa (26/9/2023), imbauan dari toko-toko ritel di China pun belum dikonfirmasi langsung oleh Apple.

Yang jelas, selama ini ponsel Android relatif tidak bermasalah apabila menggunakan kabel dan charger pihak ketiga alias bukan bawaan pabrik, asalkan dua aksesori tersebut berkualitas bagus.

Tips aman charging iPhone 15

Satu hal yang perlu ditambahkan, kabel dan charger pihak ketiga memang memiliki kualitas yang bervariasi. Kabel dan charger abal-abal kemungkinan berkualitas rendah sehingga bisa menyebabkan masalah atau merusak perangkat.

Ini berlaku untuk semua jenis kabel dan charger, termasuk Lighting dari Apple yang digunakan di iPhone sebelum iPhone 15. Ketika masih menggunakan konektor Lighting pun, sudah ada kejadian iPhone meledak atau terbakar.

Baca juga: Apple Dituntut Ganti Rugi gara-gara iPhone Meledak

Dalam sebagian kasus, penyebabnya adalah si pengguna memakai kabel Lightning dan/ atau charger imitasi yang kualitasnya buruk.

Jadi, kalaupun ada masalah, penyebabnya kemungkinan bukan soal tipe konektor USB C/ Lighting, atau bikinan Apple atau pabrikan lain, melainkan soal kualitas dari aksesori yang bersangkutan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com