Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu ChatGPT: Pengertian, Cara Menggunakan, dan Kegunaannya

Kompas.com - 01/10/2023, 13:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - ChatGPT merupakan program yang sudah cukup populer sejak kehadirannya sekitar akhir tahun lalu. Kepopuleran ChatGPT itu tak terlepas dari kemampuannya dalam menjawab berbagai pertanyaan pengguna.

Kini, ChatGPT tampaknya telah menjadi program atau aplikasi yang perlu dikuasai pengguna. Akan tetapi, tak semua pengguna mungkin telah memahami apa itu ChatGPT. Jika belum belum paham, tak usah berkecil hati.

Baca juga: 7 Tips Menggunakan Chat GPT buat Menyusun Skripsi, Bisa Bantu Cari Ide Judul

Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap ChatGPT, mulai dari pengertian, cara menggunakan, dan kegunaannya. Jika tertarik untuk belajar lebih lanjut supaya bisa mengoperasikannya, berikut adalah penjelasan mengenai ChatGPT.

Apa itu ChatGPT?

ChatGPT adalah program chatbot AI (Artificial Intelligence) berbasis Language Model (model bahasa) yang dikembangkan OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan utama untuk menjawab atau menanggapi berbagai pertanyaan dan perintah pengguna.

Language Model pada ChatGPT sejatinya merupakan mesin pembelajaran yang dapat menyajikan prediksi kata dengan menganalisis teks dalam sebuah data. Prediksi itu menjadi respons atau output dari perintah teks yang diinput pengguna pada Language Model.

Untuk bisa menyajikan output, ChatGPT yang berbasis Language Model telah dilatih dengan sekumpulan data berjumlah besar (dataset). Ketika pengguna memasukkan perintah, ChatGPT bakal mencocokkannya dengan data yang telah dipelajari.

Kemudian, ChatGPT akan menyajikan prediksi, tanggapan, atau jawaban sesuai perintah yang dimasukkan pengguna. Misalnya, pengguna memasukkan teks “Saya ingin makan”, lalu Language Model bisa melengkapinya berdasar perintah jadi “Saya ingin makan tahu”.

Itu hanya sekadar contoh. Tanggapan ChatGPT bisa lebih kompleks. ChatGPT dapat menjawab atau menanggapi beraneka macam perintah dan pertanyaan pengguna. ChatGPT didesain untuk bisa menghasilkan tanggapan dengan bahasa yang natural.

Jadi, pengguna dapat berinteraksi dengan ChatGPT layaknya sedang mengobrol dengan sesama manusia, yang bahasanya tidak kaku seperti robot. ChatGPT tidak hanya dilatih dengan sekumpulan data, tetapi juga pelatih AI manusia.

Pelatih AI manusia itu memberikan masukan pada ChatGPT dalam menyajikan tanggapan. Adanya masukkan dari manusia sungguhan itu membuat ChatGPT bisa menghasilkan respons yang natural ketika berinteraksi dengan pengguna.

Itulah penjelasan mengenai apa itu ChatGPT. Lantas, bagaimana cara menggunakan ChatGPT? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara menggunakan ChatGPT secara lengkap.

Cara menggunakan ChatGPT

Cara menggunakan ChatGPT untuk menyusun berbagai teks itu cukup mudah. terdapat beberapa cara menggunakan ChatGPT yang bisa dilakukan pengguna. Pengguna bisa menggunakan ChatGPT di laptop ataupun di HP (handphone).

Adapun penjelasan masing-masing cara menggunakan ChatGPT, baik di laptop maupun di HP adalah sebagai berikut.

Cara menggunakan ChatGPT di laptop

  • Kunjungi website ChatGPT ini https://chat.openai.com via browser di laptop dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, pada kolom pengetikan pesan, silakan ketik prompt atau teks perintah pada ChatGPT untuk mengolah teks sesuai keinginan.
  • Kirim prompt tersebut dan tunggu beberapa saat hingga ChatGPT menyajikan tanggapan sesuai perintah.
  • ChatGPT bisa menyajikan beberapa versi tanggapan.
  • Bila kurang puas dengan tanggapan yang dihasilkan, pengguna bisa meminta ChatGPT buat menyajikan versi lain tanggapan itu dengan klik opsi “Regenerate response”.

Ilustrasi cara menggunakan ChatGPT di laptop.
KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menggunakan ChatGPT di laptop.

Cara menggunakan ChatGPT di HP Android dan iPhone

ChatGPT sekarang tidak hanya tersedia dalam versi website, tetapi juga aplikasi HP. Jadi, pengguna bisa langsung mengakses layanan ChatGPT dengan memakai aplikasi ChatGPT di HP. Aplikasi ChatGPT kini telah tersedia untuk HP Android dan iPhone.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com