Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Game Gratis PS4 dan PS5 Oktober 2023, Ada "The Callisto Protocol"

Kompas.com - 01/10/2023, 19:01 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sony kembali mengumumkan daftar game gratis untuk konsol PlayStation 4 (PS4) dan PlayStation 5 (PS5).

Kumpulan game ini dapat dimainkan cuma-cuma oleh pelanggan layanan PlayStation Plus (PS Plus) periode Oktober 2023.

Pada bulan Oktober, pelanggan PS Plus bisa memainkan game The Callisto Protocol, Farming Simulator 22, dan Weird West. Ketiga game ini tersedia di PS4 dan PS5.

The Callisto Protocol

The Callisto ProtocolSteam The Callisto Protocol
Game gratis yang pertama adalah The Callisto Protocol. Permainan yang dikembangkan oleh tim Striking Distance Studios ini mengusung genre horor, yang dikemas dengan sudut pandang orang ketiga (third person).

Baca juga: 17 Game Baru di Katalog PS Plus Agustus 2023, Ada Sea of Stars dan Moving Out 2

Dalam game ini, pemain akan berperan sebagai Jacob Lee, seorang kapten kapal luar angkasa yang ditangkap dan dipenjara di Black Iron Prison, tepatnya di bulan Jupiter bernama Callisto.

Saat terkurung, tiba-tiba suatu penyakit menular mengubah para tahanan menjadi monster mematikan. Monster ini terbebas dari sel penjara, dan mulai membunuh tahanan atau petugas lainnya, sehingga kondisi Black Iron Prison menjadi kacau-balau.

Lee pun harus mencari cara untuk bertahan hidup, dan melarikan diri dari penjara yang sudah dipenuhi monster. Untuk itu, Lee akan menggunakan sejumlah senjata untuk membunuh monster, mulai dari linggis, pistol "UJC Special Ops", hingga shotgun "TK4 Riot".

Adapun fitur yang diunggulkan dalam game ini adalah kesadisan ketika Lee membunuh monster, atau ketika dibunuh. Hal ini dikarenakan sejumlah anggota tim dari Striking Distance Studios, terlibat dari pengembangan seri horor ikonik "Dead Space".

Weird West

Weird WestSteam Weird West
Selain The Callisto Protocol, gamer yang berlangganan PS Plus periode Oktober 2023, juga bisa menikmati permainan Weird West. Game ini digarap oleh sejumlah developer yang terlibat dalam pembuatan game Dishonored dan Prey.

Weird West mengambil inspirasi langsung dari tema Wild West, yakni zaman di Amerika Serikat pada awal abad ke-17, yang disimbolkan oleh koboi, suku asli Amerika, dan lain sebagainya.

Bedanya, Weird West memiliki tema supernatural, karena musuh yang ditemukan pemain merupakan makhluk fantasi, seperti monster "Siren" yang senang memakan manusia.

Baca juga: Sama-sama Bisa Main Game Gratis, Ini Beda Xbox PC Game Pass dan PS Plus

Adapun pemain nantinya bakal mengikuti cerita dari lima karakter yang berbeda-beda, dengan latar belakang yang berbeda pula. Contohnya saja karakter bernama Cl'erns Qui'g, yaitu manusia yang otaknya ditanam oleh seorang penyihir ke tubuh babi.

Cl'erns Qui'g memiliki ambisi untuk mencari dalang di balik kejahatan tersebut, demi melindungi masyarakat dari eksperimen yang tak manusiawi itu.

Dalam permainan Action Role Playing Game (ARPG) ini, setiap karakter memiliki kemampuannya (skill) masing-masing, misalnya Cl'erns Qui'g yang mampu menggunakan "Putrid Cloud", yaitu awan yang mengandung racun mematikan.

Kumpulan skill ini bisa ditingkatkan seiring berjalannya waktu, sehingga menjadi lebih kuat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com