Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Luncurkan Ponsel Tahan Banting Khusus untuk Pekerja Tambang

Kompas.com - Diperbarui 03/10/2023, 11:32 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nokia meluncurkan dua ponsel baru bernama Nokia HHRA501x dan Nokia IS540.1. Kedua ponsel 5G ini bukan ditujukan untuk konsumen umum, layaknya kebanyakan smartphone merek Nokia di pasaran.

Nokia HHRA501x dan IS540.1 merupakan ponsel tahan banting (ruggedness) yang ditargetkan untuk pekerja industri berat, seperti pertambangan. Jadi, ponsel ini dirancang dengan desain yang tangguh agar tetap bisa bekerja di lingkungan yang keras dan berbahaya.

Adapun perusahaan yang meluncurkan dua ponsel ini adalah Nokia yang berbasis di Finlandia, yang saat ini lebih banyak fokus untuk pengembangan jaringan. Jadi, ponsel ini bukan diluncurkan oleh HMD Global, yang memegang lisensi resmi merek Nokia untuk smartphone konsumer.

Untuk merancang ponsel tahan banting ini, Nokia bekerja sama dengan perusahaan penyedia solusi komunikasi Jerman, i.safe Mobile.

Nokia mengatakan, Nokia HHRA501x dan IS540.1 merupakan bagian dari solusi end-to-end Nokia untuk infrastruktur nirkabel pribadi. Pembuatannya telah melewati serangkaian tes, serta sertifikasi agar bisa tetap digunakan di area cukup keras, seperti daerah pertambangan, minyak dan gas, serta manufaktur bahan kimia.

Nokia HHRA501x dan IS540.1 juga mengantongi rating "EX-rated-phone" alias "Explosion Proof" yang dirancang khusus untuk lingkungan berbahaya.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Nokia 105 (2023) di Indonesia, Ponsel Fitur Murah

Nokia mengeklaim, kedua smartphone tahan banting itu dilengkapi material yang nyaman digenggam, sehingga mendukung berbagai aktivitas ekstrem dan komunikasi lewat pita frekuensi 68. Di Eropa, Band 68 dimanfaatkan untuk komunikasi darurat terkait dengan Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Public Protection and Disaster Relief/PPDR).

Selain mendukung konektivitas 5G, kedua ponsel ini juga mendukung semua pita frekuensi radio, sehingga bisa dipakai di seluruh dunia. Nokia HHRA501x dan IS540.1 juga didukung fitur kartu SIM ganda, eSIM hingga sertifikasi IP68 untuk ketahanan air dan debu.

Selain itu, smartphone Nokia ini pun sudah mengantongi sertifikasi untuk menunjang konektivitas di medan rawan bahaya, seperti minyak dan gas, pertambangan hingga manufaktur bahan kimia.

Karena memiliki rating "EX-rated-phone", ponsel ini juga diklaim aman digunakan di area yang berbahaya, misalnya di area yang mudah terbakar dalam waktu singkat.

Spesifikasi Nokia HHRA501x dan Nokia IS540.1

Soal spesifikasinya, Nokia HHRA501x dan Nokia IS540.1 ditenagai dengan System on Chip (SoC) Qualcomm QCM6490. Chip ini biasanya dipakai di perangkat Internet of Things (IoT), bukan smartphone.

Ponsel tangguh Nokia IS540.1Nokia Ponsel tangguh Nokia IS540.1
Chipset itu dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Untuk menunjang daya tahannya, smartphone ini juga dilengkapi baterai berkapasitas 4.400 mAh.

Baca juga: HMD Global Mau Bikin Ponsel Merek Sendiri, Setelah Produksi HP Nokia sejak 2016

Tampilan ponsel ini dilengkapi layar 6 inci dan dilindungi pelindung layar Gorilla Glass 3. Smartphone ini juga dibekali kamera utama 48 MP dengan fitur autofokus, serta kamera depan 5 MP, dihimpun KompasTekno dari Suomimobiili, Senin (2/10/2023).

Karena didesain untuk pengguna kalangan bisnis, harga Nokia HHRA501x dan Nokia IS540.1 belum terungkap. Jadi, perusahaan yang membutuhkan smartphone tangguh itu perlu menghubungi Nokia secara langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com