Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy S23 FE Meluncur 4 Oktober?

Kompas.com - 02/10/2023, 10:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Kehadiran ponsel Samsung Galaxy S23 FE (Fan Edition) kemungkinan tinggal menghitung hari. Ponsel flagship versi "murah" dari Galaxy S23 series itu diyakini bakal meluncur di India pada Rabu, (4/10/2023).

Hal ini terungkap dari gambar banner (poster) yang dipasang sebagai header profil akun resmi X (dulu Twitter) Samsung India baru-baru ini. Gambar tersebut memuat tiga kamera "boba" yang tersusun vertikal dengan tagline "The New Epic". Poster ini memuat keterangan "Launching on October 4" (meluncur 4 Oktober).

Foto banner akun X/Twitter Samsung India memberikan kisi-kisi tanggal peluncura Samsung S23 FE di India, yakni 4 Oktober 2023.X/Twitter/ @samsungindia Foto banner akun X/Twitter Samsung India memberikan kisi-kisi tanggal peluncura Samsung S23 FE di India, yakni 4 Oktober 2023.
Samsung India tidak menyebut perangkat apa yang bakal diluncurkan esok lusa. Namun, perangkat tersebut diyakini sebagai Galaxy S23 FE. Hal ini terlihat dari kamera tiga kamera "boba" yang juga sempat dipakai dalam video teaser Galaxy S23 series awal tahun ini.

Bocoran yang beredar dalam beberapa bulan terakhir juga menyebut Samsung S23 FE akan dijual ke pasar global luas pada kuartal IV (Oktober-Desember) 2023 dan kuartal I (Januari-Maret) 2024.

Baca juga: Inikah Tampang Samsung Galaxy S23 FE yang Segera Dirilis?

Segera masuk Indonesia

Setelah meluncur global, Samsung Galaxy S23 FE ini bakal diboyong ke pasar Indonesia. Indikasinya, Samsung Galaxy S23 FE sudah terdaftar di laman sertifikasi Postel SDPPI Kominfo (Pos dan Telekomunikasi dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika).

Pantauan KompasTekno, Selasa (12/9/2023), Samsung S23 FE terdaftar dalam sertifikat bernomor 93449/SDPPI/2023. Sertifikat ini diajukan oleh PT Samsung Electronics Indonesia pada 11 September 2023.

Dalam rincian sertifikat, tercantum perangkat perangkat bernomor model "SM-S711B" memiliki nama pemasaran "Samsung S23 FE".

Samsung S23 FE terdaftar di laman Postel sebagai perangkat bernomor model SM-S711B. Dengan sertifikat ini, Galaxy S23 FE memenuhi syarat untuk dipasarkan di Indonesia.Postel Ditjen SDPPI Kominfo Samsung S23 FE terdaftar di laman Postel sebagai perangkat bernomor model SM-S711B. Dengan sertifikat ini, Galaxy S23 FE memenuhi syarat untuk dipasarkan di Indonesia.
Sertifikat Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi vendor sebelum menjual perangkat elektronik di Indonesia. Dengan kata lain, bisa dibilang, Samsung S23 FE siap masuk dan dijual di Indonesia.

Bila benar perangkat tersebut adalah Samsung S23 FE, maka ponsel ini bakal menjadi penerus Galaxy S21 FE yang dirilis 2022. Selain itu, Samsung juga bakal meloncati penomoran Galaxy S22 FE.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 FE Segera Rilis di Indonesia?

Bocoran spesifikasi Galaxy S23 FE

Samsung Galaxy S21 FE 5G menawarkan deretan warna yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna, yakni olive, lavender, white, graphite, serta navy blue. KOMPAS.com/Yakob Arfin T Sasongko Samsung Galaxy S21 FE 5G menawarkan deretan warna yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna, yakni olive, lavender, white, graphite, serta navy blue.
Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy S23 FE juga sudah banyak bertebaran di internet. Ponsel ini konon bakal ditenagai dua jenis chipset, yakni chipset Exynos 2200 di mayoritas wilayah pemasaran serta chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 eksklusif untuk wilayah Amerika Serikat dan Kanada.

Samsung S23 FE disinyalir memiliki layar 6,4 inci, kamera 50 MP, RAM 6 GB/8 GB dan penyimpanan 128/256 GB, Android 13, baterai 4.500 mAh, dukungan fast charging 25 watt, wireless charging 15 watt, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Senin (2/10/2023).

Bocoran harga Galaxy S23 FE juga beredar di internet. Samsung Galaxy S23 FE konon bakal dibanderol mulai 599 dollar AS atau sekitar Rp 9,2 juta. Informasi tersebut didapat media MySmartPrice dari sumber dalam industri.

Banderol tersebut lebih murah 100 dollar AS (sekitar Rp 1,5 juta), dibanding harga Samsung Galaxy S21 FE dan S20 FE saat pertama kali dirilis. Ini berarti harga Samsung S23 FE kemungkinan bakal lebih murah dari pendahulunya.

Di Indonesia, Samsung S21 FE dibanderol Rp 9 juta (varian 8/128 GB) saat dipasarkan pertama kali pada Januari 2022. Jadi harga Samsung Galaxy S23 FE bisa saja lebih murah, pada kisaran Rp 7 juta - Rp 8 jutaan. Meski begitu, bocoran harga di atas masih belum dapat dipastikan kebenarannya.

Namun, spesifikasi global, ketersediaan, hingga harga Samsung S23 FE masih harus menunggu peluncuran resmi Samsung Galaxy S23 FE di India pada 4 Oktober mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com