Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy A05 dan A05s Resmi Rilis, Upgrade Chipset, RAM, dan Layar

Kompas.com - 26/09/2023, 08:39 WIB
Reza Wahyudi,
Lely Maulida

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tanpa acara khusus, Samsung meluncurkan dua smartphone, Galaxy A05 dan Galaxy A05s. Kedua smartphone entry level ini dirilis berbarengan, berbeda dengan pendahulunya Galaxy A04 dan Galaxy A04s yang hadir pada waktu terpisah.

Dibandingkan dengan pendahulunya, kedua smartphone Android Samsung ini hadir dengan sejumlah pembaruan. Mulai dari chipset baru, layar yang lebih luas, RAM, hingga aspek desain.

Pada aspek desain, Samsung Galaxy A05 dan A05s tampil dengan penampang dengan tepi flat, berbeda dengan kedua pendahulunya yang punya tepi penampang melengkung.

Tampilan depan ponsel secara umum sama seperti Galaxy A04 dan A04s karena sama-sama mengusung layar berponi alias notch. Hanya saja, layar Samsung A05 dan A05s lebih luas dari pendahulunya 6,5 inci menjadi 6,7 inci. 

Selain itu, Samsung Galaxy A05 dan A05s juga dibekali RAM dan dukungan fast charging yang lebih tinggi dibanding duo pendahulunya. 

Terlepas dari perbedaan itu, Samsung A05 dan A05s juga punya persamaan dengan Galaxy A04 dan Galaxy A04s, termasuk pada aspek kamera utama 50 MP dan kapasitas baterainya.

Sementara Samsung Galaxy A05 dan A05s sendiri punya sejumlah spesifikasi yang mirip. Keduanya memiliki layar 6,7 inci dengan poni, serta kamera utama resolusi 50 MP. Persamaan lain yaitu baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Baca juga: Samsung Galaxy A14 Jadi HP Android Paling Laris di Dunia

Spesifikasi Samsung Galaxy A05s

Samsung Galaxy A05s hadir dengan layar PLS LCD 6,7 inci dan resolusi Full HD Plus. Layar smartphone ini juga dibekali dukungan refresh rate 90 Hz.

Layar Samsung Galaxy A05s didesain punya poni (notch) untuk menunjang kamera depan ponsel.

Pada aspek hardware, smartphone ini ditenagai oleh System on Chip (SoC) Snapdragon 680 dari Qualcomm. Chipset ini dipadukan dengan RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Kapasitas RAM-nya terbilang lebih tinggi dibanding pendahulunya yang hanya 4 GB. 

Harga dan spesifikasi Samsung Galaxy A05sSamsung Harga dan spesifikasi Samsung Galaxy A05s

Pada aspek kamera, Samsung Galaxy A05s punya kamera belakang yang lebih banyak dibanding Galaxy A05. Terdiri dari kamera utama 50 MP, sensor kedalaman 2 MP dan kamera makro 2 MP.

Sementara itu kamera depannya yang ditempatkan di poni layar, punya resolusi 13 MP, lebih tinggi dibanding Galaxy A04s yang hanya 5 MP.

Seperti disinggung di atas, Samsung Galaxy A05s dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan pengisian ulang cepat (fast charging) 25 watt. Dukungan ini terbilang lebih tinggi dibanding Galaxy A04s maupun Galaxy A04, yaitu 15 watt. 

Fitur lainnya yang ada di Galaxy A05s antara lain sensor pemindai sidik jari.

Baca juga: VIDEO: Hands-on Galaxy A04e dan A04, Duo HP Samsung Harga Sejutaan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com