Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Buds FE Resmi, TWS "Murah" dengan Fitur AI dan ANC

Kompas.com - 04/10/2023, 11:30 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Samsung memperkenalkan aksesori audio true wireless stereo (TWS) terbarunya, Galaxy Buds FE.

Dengan embel-embel "FE", TWS ini dibanderol dengan harga yang lebih murah dibanding Galaxy Buds seri lainnya. Meski demikian, Galaxy Buds FE tetap dibekali dengan berbagai fitur mumpuni.

Salah satu fitur yang hadir adalah Deep Neural Network (DNN) yang mengandalkan teknologi kecerdasan buatan (AI). Dengan DNN, Galaxy Buds FE bisa membantu menghilangkan suara bising di sekitar pengguna ketika mereka sedang melakukan panggilan telepon. 

Ilustrasi TWS Samsung Galaxy Buds FE.GSMArena Ilustrasi TWS Samsung Galaxy Buds FE.

Selain itu, TWS terbaru Samsung ini juga sudah dibekali dengan teknologi Active Noise Cancellation (ANC).

Berkat ANC, pengguna akan bisa mendengarkan musik dengan puas di tengah keramaian atau di tempat umum yang biasanya berisik.

Secara desain, tampilan Galaxy Buds FE serupa dengan TWS Galaxy Buds Series kebanyakan. Cangkang atau case TWS ini mengusung desain kotak, dan di dalamnya terdapat wadah untuk mengisi daya dua earbud, masing-masing untuk telinga kiri dan kanan. 

Baca juga: Samsung Galaxy S23 FE Resmi Meluncur, Versi Murah Galaxy S23

Dimensi panjang, lebar, dan tinggi case TWS ini adalah 50 x 27,7 x 50 mm dengan bobot 40 gram. Sementara itu, dimensi untuk masing-masing earbud adalah 17,1 x 19,2 x 22,2 mm dengan bobot 5,6 gram.

Ilustrasi TWS Samsung Galaxy Buds FE.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi TWS Samsung Galaxy Buds FE.

Masing-masing earbud memiliki tiga mikrofon (2 di dalam dan 1 di luar) yang dipadukan dengan 1-way speaker. Samsung mengeklaim speaker TWS terbarunya ini bisa memberikan efek suara bass yang "menggelegar".

Untuk aspek ketahanan, earbud Galaxy Buds FE memiliki baterai 60 mAh, sedangkan cangkangnya memiliki baterai 479 mAh yang bisa menjadi baterai cadangan untuk earbud. 

Baca juga: Update Galaxy Buds 2 dan Buds Live, Suara Jadi Mirip di Bioskop

Jika earbud dalam daya penuh, pengguna bisa mendengarkan musik hingga 6 jam (fitur ANC menyala) atau 8,5 jam (fitur ANC mati). 

Adapun cangkang Galaxy Buds FE bisa menyediakan daya cadangan hingga 21 jam (ANC menyala) atau 30 jam (AND mati) untuk mendengarkan musik.

Harga Samsung Galaxy Buds FE

Di pasar global, Galaxy Buds FE tersedia dalam varian warna Graphite dan White, serta dijual dengan harga 109 euro atau sekitar Rp 1,7 juta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Rabu (4/10/2023). 

TWS terbaru Samsung ini bisa didapatkan di berbagai negara, termasuk Indonesia, mulai 10 Oktober 2023 mendatang. Untuk pasar Indonesia, Galaxy Buds FE dijual dengan harga lebih murah, yaitu Rp 1.399.000.

Harga ini lebih murah dibandingkan seri Galaxy Buds lainnya yaitu Galaxy Buds 2 (Rp 1,7 juta), Galaxy Buds 2 Pro (Rp 2,3 juta) dan Galaxy Buds Live (Rp 2 jutaan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com