Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Canva Kenang Perjalanan 10 Tahun, dari Nol hingga 150 Juta Pengguna

Kompas.com - 05/10/2023, 08:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Canva genap berusia 10 tahun pada 2023 ini. Platform desain grafis populer ini pertama didirikan oleh Melanie Perkins, Cliff Obrecht, dan Cameron Adams di Perth, Australia pada 1 Januari 2013.

Canva merayakan satu dekade usianya dengan sejumlah pencapaian. Mulai dari pengguna yang terus bertambah hingga tembus lebih dari 150 juta pengguna, mencapai profitabilitas, hingga meluncurkan 10 tools baru bertenaga AI.

Chief Executive Officer (CEO) Canva, Malanie Perkins, mengenang saat Canva pertama kali diluncurkan satu dekade silam.

Ketika itu, tujuan utama Melanie adalah menjadikan Canva sebagai ekosistem desain yang terintegrasi di dalam satu halaman sederhana dan bisa diakses oleh orang di seluruh dunia.

Setelah dirilis pada 2013, Canva mulai berkembang sangat besar. Mel, panggilan akrab Melanie, mengatakan bahwa Canva akhirnya mencapai 1 juta pengguna aktif bulanan (monthly active user/MAU) setelah beberapa tahun dirilis.

Baca juga: Canva Magic Studio Meluncur Bawa 10 Fitur Edit Foto Bertenaga AI

Tangkapan layar trio pendiri Canva, yakni Cameron Adams, Melanie Perkins, dan Cliff Obrecht dalam konferensi pers virtual, Selasa (4/10/2023). KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tangkapan layar trio pendiri Canva, yakni Cameron Adams, Melanie Perkins, dan Cliff Obrecht dalam konferensi pers virtual, Selasa (4/10/2023).
Kemudian, pada 2018, Canva meraih pencapaian tertinggi dengan 10 juta pengguna aktif bulanan. Angka itu terus bertambah seiring berjalannya waktu.

"Dan kami benar-benar terkesima dengan pesatnya pertumbuhan di seluruh dunia ketika tahun lalu kami akhirnya melampaui 100 juta pengguna aktif bulanan," kata Mel dalam acara konferensi virtual, Selasa (3/10/2023).

Per 4 Oktober 2023 ini, Canva tercatat memiliki lebih dari 150 juta pengguna bulanan di seluruh dunia. Adapun pengguna berbayar Canva berada di angka 16 juta pelanggan.

Mel melihat, peningkatan pengguna aktif Canva dipicu oleh perkembangan komunikasi visual di tempat kerja. Statistik Canva mencatat, lebih dari 65 juta pengguna baru mulai menggunakan Canva Sejak tahun lalu.

Dari segi bisnis, Canva berhasil mencapai keuntungan alias profitabilitas selama enam tahun terakhir. Tahun 2023 ini, Canva juga optimis bakal meraup profit.

Salah satu pendiri sekaligus Chief Operating Officer (COO) Canva Cliff Obrecht mengungkapkan, Canva berhasil meraup pendapatan yang terus naik selama 10 tahun terakhir.

Bahkan Canva telah melampaui pendapatan tahunan sebesar 1,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 26,5 triliun.

Baca juga: ChatGPT Kini Bisa Desain Logo, PPT, dan Iklan Pakai Template Canva

Magic Studio dengan 10 tools AI baru

Canva meluncurkan Magic Studio, layanan yang menawarkan 10 tools AI untuk membuat konten visual dengan lebih mudah, lebih cepat, dan naik level. 10 tools AI baru di Canva Magic Studio meliputi Magic Design, Magic Switch, Magic Media, Magic Write, Magic Animate, Magic Morph, Magic Grab, Magic Expand, Magic Edit v2, Magic Alt Text.Canva Canva meluncurkan Magic Studio, layanan yang menawarkan 10 tools AI untuk membuat konten visual dengan lebih mudah, lebih cepat, dan naik level. 10 tools AI baru di Canva Magic Studio meliputi Magic Design, Magic Switch, Magic Media, Magic Write, Magic Animate, Magic Morph, Magic Grab, Magic Expand, Magic Edit v2, Magic Alt Text.
Menurut pendiri sekaligus Chief Product Officer (CPO) Canva Cameron Adams, Canva berada dalam posisi kuat yang unik dengan profitabilitas selama enam tahun tersebut.

"Hal ini memungkinkan kami untuk terus berinovasi dan membangun fondasi untuk dekade berikutnya sesuai dengan apa yang kami harapkan di Canva" kata Cameron.

Salah satu yang diharapkan adalah Canva menjadi platform desain grafis berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang serba ada (all-in-one).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com