Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Teams Versi Baru Kini Lebih Kencang dan Bersih

Kompas.com - 06/10/2023, 12:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah hadir dalam versi awal (preview) pada Maret lalu, versi terbaru dari aplikasi video telekonferensi Microsoft Teams kini resmi meluncur ke publik. 

Dalam versi teranyar ini, tampilan aplikasi Teams kini dirombak. Pembaruan terlihat pada jendela aplikasi Teams yang kini lebih bersih lantaran mengadopsi warna putih. Sebelumnya, jendela Teams memiliki warna biru. 

Selain lebih bersih, Teams juga kini diklaim dua kali lebih cepat dari versi sebelumnya (versi Classic), lebih ringan dijalankan (penggunaan memori/RAM berkurang 50 persen), dan 70 persen lebih hemat ruang penyimpanan (storage).

Baca juga: Rapat di Microsoft Teams Bisa Dibantu ChatGPT

Ilustrasi aplikasi Microsoft Teams versi baru.Microsoft Ilustrasi aplikasi Microsoft Teams versi baru.

Untuk membuat Teams versi baru ini lebih cepat, Microsoft mengandalkan teknologi React Teamwork. Fitur ini juga diklaim bisa meningkatkan performa Teams secara keseluruhan di platform Windows. 

Kemudian, Microsoft juga menggunakan fitur atau elemen WebView2 milik peramban (browser) Microsoft Edge untuk membuat Teams versi baru bisa berjalan dan tidak memakan RAM dan storage berlebihan.

Baca juga: Peserta Rapat Virtual di Microsoft Teams Bisa Pakai Avatar Meta

Terkait fitur, Microsoft Teams versi baru ini juga dibekali dengan berbagai fitur anyar, salah satunya adalah integrasi dengan asisten digital berkemampuan AI milik mereka, yaitu Copilot.

Dengan adanya Copilot di Teams, maka pengguna bisa menyiapkan berbagai pertemuan virtual dan menjawab aneka pertanyaan peserta dengan mudah.

Fitur baru lainnya yang ada di aplikasi Teams versi anyar mencakup dukungan berbagai aplikasi pihak ketiga untuk aneka lini bisnis, breakout rooms, 7x7 video display, daftar antrean panggilan, hingga contextual search di Chats dan Channels.

 

Ilustrasi fitur-fitur baru Teams.Microsoft Ilustrasi fitur-fitur baru Teams.

 

Nah, desain dan fitur baru Microsoft Teams ini sudah bisa diunduh pengguna Windows dan macOS mulai hari ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BleepingComputer, Jumat (6/10/2023). 

Aplikasi Teams versi baru bisa diunduh melalui tautan berikut ini.

Untuk pengguna yang memiliki lisensi Business atau Essentials, mereka bisa menjajal versi baru Teams dengan mengeklik toggle "Try the new Teams" yang ada di pojok kiri atas aplikasi Teams.

Sementara untuk pemilik lisensi Teams lainnya, termasuk untuk pengguna Enterprise, pembaruan akan digelontorkan secara bertahap, dan jadwal pembaruan Teams versi anyar untuk lisensi lainnya ini bisa dilihat di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com