Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo A98 5G Punya Fitur Microlens 40x, Bisa Foto Partikel Super Kecil

Kompas.com - 07/10/2023, 16:15 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo A98 5G yang dirilis di Indonesia sejak September lau, dibekali dengan berbagai fitur mumpuni. Salah satunya adalah fitur Microlens 40x

Dengan fitur ini, pengguna bisa memotret berbagai partikel super kecil yang sulit dilihat mata manusia. Partikel super kecil itu, misalnya debu, tekstur atau pori-pori kulit, serat kain, dan berbagai hal mungil lainnya.

Fitur ini mengandalkan kamera "mikroskop" 2 MP (f/3.3) yang terletak di bagian belakang. Kamera ini memiliki mode pembesaran ala mikroskop mulai dari 20x hingga 40x, sehingga wajar saja apabila bisa memotret aneka partikel kecil. 

Cara menggunakan Microlens 40x di Oppo A98 5G bisa dibilang cukup mudah. Pengguna hanya perlu masuk ke aplikasi kamera, memilih menu "More", dan mengeklik ikon "Microscope", sebagaimana gambar di bawah ini.

Baca juga: Hands-on Oppo A98 5G, HP Menengah Jagoan Oppo Saat Ini

Cara menggunakan mode Microlens 40x di Oppo A98 5G.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara menggunakan mode Microlens 40x di Oppo A98 5G.

Kemudian, tampilan viewfinder akan berubah menjadi elips dan memiliki garis ukur dengan standar ukuran milimeter (mm). Garis ukur ini nantinya akan menjadi acuan untuk ukuran obyek sebenarnya yang sedang dibidik.

Pengguna lantas bisa memilih mode pemotretan, bisa 20x atau 40x. Mode 40x akan menawarkan pembesaran lebih besar daripada 20x, sehingga obyek super kecil akan sangat terlihat begitu jelas. 

Setelah memilih model, bidik kamera suatu obyek untuk mengetahui apakah obyek tersebut ada debu atau tidak.

Pengguna juga bisa membidik kamera ke obyek-obyek yang memiliki tekstur menarik, sehingga mereka bisa tahu bagaimana tekstur sebenarnya dari obyek tersebut.

Contoh foto-foto yang diambil dengan Microlens 40x bisa disimak pada gambar di bawah berikut. Pada gambar kacamata, kita bisa melihat bahwa di permukaan kaca terdapat banyak debu dan minyak yang tak terlihat.

Hasil foto Microlens 40x menggunakan Oppo A98 5G.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto Microlens 40x menggunakan Oppo A98 5G.

Padahal jika dilihat mata telanjang, debu dan minyak tersebut tak terlihat jelas. Hal serupa juga bisa dilihat pada hasil foto tekstur kulit dan serat kain atau tali di atas.

Dengan Microlens 40x, Oppo A98 5G bisa menampilkan detail tekstur kulit dan bulu yang menancap di pori-pori kulit tersebut dengan baik. 

Baca juga: Seharian Keliling TMII dengan Oppo A98 5G, Hasil Foto Apik dan Baterai Awet

Sementara untuk obyek kain dan lainnya, serat dari kain tersebut akan bisa dilihat dengan cukup detail dan baik melalui Microlens 40x di Oppo A98 5G.

Perlu dicatat, sepanjang pengguna memakai fitur Microlens 40x, ponsel otomatis akan menyalakan modul LED flash untuk menerangi obyek yang dibidik.

Hal ini terbilang wajar karena kamera mikroskop mungkin hanya bisa menangkap obyek kecil jika cahaya di sekitarnya cukup, sehingga fitur ini otomatis akan membutuhkan cahaya tambahan.

Perlu diketahui pula apabila memakai fitur Microlens 40x, pengguna tak bisa mengubah bingkai foto bulat yang mengelilingi obyek yang tengah dibidik. 

Tertarik menjajal Microlens 40x di Oppo A98 5G? Ponsel ini sudah bisa dibeli di Indonesia di berbagai toko resmi Oppo, baik itu online maupun offline, dengan harga Rp 4,9 juta (8 GB/256 GB).

Spesifikasi Oppo A98 5G bisa disimak selengkapnya di artikel "Harga Oppo A98 5G dan Spesifikasinya di Indonesia".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com