Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Fitur Baru Threads, Salah Satunya Bisa Share ke DM Instagram

Kompas.com - 11/08/2023, 10:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi microblogging bikinan Instagram, Threads kedatangan tiga fitur baru pekan ini. Ini merupakan update fitur baru Threads fase kedua, setelah pembaruan besar pertama pada akhir Juli lalu.

Melalui sebuah posting di akun Threads pribadinya, CEO Meta Mark Zuckerberg merinci, salah satu fitur baru Threads adalah kemampuan membagikan posting Threads ke kotak pesan alias direct message (DM) Instagram.

Pantauan KompasTekno, Jumat (11/8/2023), fitur baru ini sudah bisa dijajal di Indonesia lewat aplikasi Threads versi terbaru 295.0.0.25.109 di perangkat Android.

Baca juga: Heboh di Awal, Threads Instagram Kini Mulai Ditinggal Pengguna

Fitur berbagi ke DM Instagram ini bisa ditemukan lewat ikon berbagi mirip pesawat kertas yang ada di setiap posting Threads. Ketika ikon klik, pengguna akan langsung melihat opsi "send on Instagram" (kirim ke Instagram).

Pilih opsi tersebut, kemudian pengguna akan dialihkan ke jendela baru. Di sana, pengguna bisa menulis pesan tambahan. Lalu, klik tombol "send/kirim" untuk mengirim posting Threads ke akun pengguna Instagram yang dituju.

Nantinya, penerima pesan akan melihat kota feed, link, serta pesan tambahan yang dikirim pengirim di DM Instagram.

Fitur berbagi ke DM Instagram ini menambah panjang opsi berbagi posting Threads. Sebelumnya, posting Threads bisa dibagikan ke Instagram Story, feed Instagram, dan Twitter/X.

Threads punya fitur baru berbagi ke DM Instagram.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Threads punya fitur baru berbagi ke DM Instagram.
Instagram kini juga menyediakan tombol "Alt" untuk gambar yang diunggah di Threads.

Tombol "Alt" alias alternative text memungkinkan pengguna menulis deskripsi foto secara manual. Fitur ini berguna untuk memudahkan pengguna yang memiliki keterbatasan visual (tunanetra) dalam memahami foto yang diunggah pengguna.

Baca juga: Kenapa Muncul Keterangan “Instagram User” di DM Instagram

Pengguna tunanetra bakal mendengar deskripsi gambar apa yang sedang mereka lihat, beserta dengan captionnya. Fitur ini juga sudah bisa dijajal di Indonesia.

Terakhir, Zuckerberg mengatakan bahwa Threads kedatangan tombol "mention". Dengan tombol ini, penguna bisa dengan mudah menyebut alias mention pengguna lain ketika mengunggah posting Threads.

Namun, fitur ini belum muncul di aplikasi Threads versi 295.0.0.25.109 di perangkat Android. Kemungkinan, tombol mention yang baru ini mirip seperti tombol "@ mention" yang ada di Instagram Story.

Threads memiliki fitur alt text untuk memberikan deskripsi gambar. Fitur ini berguna untuk memudahkan pengguna tunanetra untuk mendapatkan gambaran dari foto yang diunggah pengguna lainnya.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Threads memiliki fitur alt text untuk memberikan deskripsi gambar. Fitur ini berguna untuk memudahkan pengguna tunanetra untuk mendapatkan gambaran dari foto yang diunggah pengguna lainnya.
Pada akhir Juli lalu, Instagram merilis tiga fitur baru untuk pengguna Threads di perangkat iOS. Ketiga fitur itu meliputi kemampuan berlangganan (subscribe) tanpa perlu mem-follow atau mengikuti akun bersangkutan.

Kemudian, fitur menerjemahkan posting Threads dalam bahasa asing. Terakhir, ada fitur baru peningkatan scrolling feed, label reposter yang dapat diketuk, serta melihat daftar pengikut Instagram.

Belum bisa bikin betah pengguna

Setelah viral dan menggaet 100 juta pengguna dalam waktu singkat, namun Threads kini memiliki masalah baru. Aplikasi microblogging bikinan Instagram itu belum bisa membuat pengguna betah berlama-lama.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com