Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 15 Dikeluhkan Mati Mendadak

Kompas.com - 13/10/2023, 10:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Laporan masalah soal iPhone 15 masih belum usai. Setelah keluhan perangkat panas (overheat) di iPhone 15 Pro, baterai cepat berkurang (drop), dan adanya cacat desain, kini masalah baru lain dilaporkan pengguna.

Sejumlah pengguna melaporkan bahwa iPhone 15 miliknya mati mendadak. Insiden ini terjadi dalam waktu yang tak tentu, tetapi mayoritas terjadi saat malam hari, atau ketika ponsel tidak sedang dioperasikan.

Masalah ini mulanya disadari sejumlah pengguna ketika alarm yang mereka pasang di ponsel tidak menyala.

Menurut salah satu pengguna yang membagikan ceritanya ke forum diskusi online Reddit, dua alarm yang dipasang di dua waktu yang berbeda di iPhone miliknya tidak berdering. Pengguna lainnya lantas menyarankannya untuk memeriksa pengaturan baterai.

Baca juga: iPhone 14 dan iPhone 15 Cepat Drop, Pakai Baterai Murah?

Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah iPhone-nya mati sementara saat malam hari. Sebab, ia juga mengalami hal yang sama.

"Periksa pengaturan baterai Anda dan lihat apakah ada jeda di malam hari. Kemarin banyak iPhone yang mati selama beberapa jam di malam hari. iPhone saya juga mati dan hidup lagi satu menit sebelum alarm bunyi," kata salah satu pengguna Reddit, dikutip KompasTekno dari MacRumors, Jumat (13/10/2013).

Ada pula pengguna lain yang mendapati iPhone miliknya mati mendadak, termasuk tim di media teknologi seperti 9to5Mac dan MacRumors. Mereka menyadari masalah ini lantaran ponsel meminta input kata sandi saat pagi hari, yang biasanya menandakan perangkat telah melakukan restart atau sempat mati.

Bukan cuma iPhone 15 saja

Di forum MacRumors, salah seorang pengguna mengaku iPhone 15 Pro Max miliknya yang berjalan dengan iOS 17.0.3 mati mendadak, kemudian reboot sekitar pukul 01.00 dini hari.

Masalah yang sama juga dialami tiga rekan pengguna tersebut dengan model ponsel yang sama dan seorang lainnya pengguna iPhone 13 Mini dengan versi iOS yang sama.

"iPhone 15 Pro Max saya dengan iOS 17.0.3 reboot mendadak. Hal yang sama juga terjadi pada tiga teman saya dengan iPhone dan iOS yang sama, juga ke teman yang memakai iPhone 13 Mini dengan iOS yang sama," kata pengguna dengan akun ManuCH di forum itu.

Jadi, masalahnya tidak hanya terjadi pada iPhone 15 saja. Oleh karena itu, masalah ini kemungkinan disebabkan oleh pembaruan iOS 17.

Baca juga: 5 Masalah iPhone 15 yang Banyak Dikeluhkan

Akan tetapi, masalah ini kabarnya hanya dialami oleh sejumlah pengguna iOS 17, tidak semuanya. Selain itu, masalah ini juga tidak terjadi setiap malam.

Bila Anda ingin memeriksa apakah iPhone Anda mati mendadak saat malam hari, Anda bisa memeriksanya lewat menu Pengaturan (Settings) > Baterai, kemudian cek status pengisian daya selama 24 jam terakhir.

Bila terlihat ada penurunan grafik secara tajam dalam periode tertentu, maka ada kemungkinan iPhone Anda mati mendadak saat waktu tersebut.

Apple belum memberikan komentar terkait laporan ini, termasuk soal penyebabnya, apakah berkaitan dengan baterai atau pembaruan iOS 17.0.3. Menilik rangkaian masalah iPhone 15 sebelumnya, Apple mungkin menggulirkan pembaruan untuk mengatasinya. Seperti saat Apple merilis iOS 17.0.3 untuk mengatasi overheat di iPhone 15 Pro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com